Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Dosis Pertama Pada 10 Ribu Guru di Kudus Diupayakan Rampung Bulan Ini

Petugas vaksinasi RSUD Loekmono Hadi Kudus bersiap menyuntikkan vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus tengah mengupayakan proses vaksinasi untuk 10 ribu guru di semua jenjang pendidikan di Kudus untuk dosis pertama rampung pada bulan ini.

Hal tersebut menyusul mulai adanya pasokan vaksinasi dari pusat untuk proses vaksinasi guru guna mempersiapkan pembelajaran tatap muka di awal tahun ajaran baru sekolah. Proses vaksinasi dosis pertama sendiri, ditargetkan mulai berjalan pekan ini.

Kabupaten Kudus sendiri, diketahui memiliki target 12 ribu guru pada kategori sasaran vaksinasi pelayanan publik.

“Sampai saat ini, memang baru ada sebanyak 2.000 guru yang telah divaksin dosis pertama dan kedua untuk persiapan pembelajaran tatap muka kemarin, 10 ribu guru lainnya akan dilakukan setelah ini,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo di Kudus, Selasa, (18/5/2021).

Badai pun memastikan ketersediaan vaksinasi untuk 10 ribu guru tersebut. Kabupaten Kudus, kata dia, akan menerima pasokan yang jumlahnya cukup untuk mencapai target vaksinasi guru bahkan lebih.

“Sehingga ketika lebih nanti, bisa digunakan untuk kelompok lansia yang saat ini cakupan vaksinasinya masih rendah yang saat ini baru 13,3 persen untuk dosis pertama dan 10,5 persen untuk dosis kedua,” sambung dia.

Badai menambahkan, ketika 12.000 guru yang masuk kelompok pelayan publik rampung divaksin, maka dapat meningkatkan capaian dari target sebanyak 52.660 orang pelayan publik. Yang saat ini sendiri, terealisasi 23,2 persen untuk suntikan pertama dan 20,3 persen untuk suntikan kedua.

“Oleh karena itu, semua Puskesmas di Kudus akan disiapkan untuk melayani proses vaksinasi,” jelas Badai.

Sekretaris Komisi D DPRD Kudus Muhtamat berharap vaksinasi guru di Kudus bisa dituntaskan sebelum proses pembelajaran tatap muka secara keseluruhan dimulai. Sehingga bisa turut mencegah penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Apalagi, kata dia, vaksinasi Covid-19 juga dinilai telah menurunkan angka kasus konfirmasi Covid-19. “Kita harus kejar target 70 persen masyarakat harus sudah tervaksin. Sehingga pandemi bisa segera berakhir,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...