Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kemenag Pati Minta Calon Jemaah Haji Legawa Apapaun Keputusan Pemerintah

Foto: Pixabay

MURIANEWS, Pati – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati Ali Afirin belum bisa memastikan, apakah tahun ini akan ada jadwal keberangkatan haji atau tidak. Mengingat, dari Arab Saudi sendiri juga belum memutuskan terkait hal tersebut.

Apalagi, situasi pandemi saat ini juga belum selesai. Semua negara memperketat keluar masuk warga asing, termasuk untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

Karena itu, Ali Arifin meminta kepada calon jemaah haji Kabupaten Pati agar tetap sabar menunggu informasi terkait keberangkatan haji. Terutama sekali agar tidak terpengaruh dengan informasi haji yang belum jelas sumbernya.

“Calon jemaah haji harus memantau perkembangan informasi haji teraktual. Jangan sampai termakan isu menyesatkan soal ibadah haji tahun ini. Karena belum ada keputusan dari pemerintah Arab Saudi,” katanya, Selasa (18/5/2021).

Dirinya juga meminta agar calon jemaah haji legawa untuk menerima apapun keputusan pemerintah nantinya.

“Para calon jemaah haji harus sudah mulai menata hatinya untuk menerima apa pun keputusan yang nanti dikeluarkan oleh pemerintah, termasuk keputusan yang paling pahit sekalipun, yaitu misalnya tidak memberangkatkan haji tahun ini,” ujarnya.

Kendati demikian, sejumlah sekenario mitigasi haji di masa pandemi ini juga sudah disiapkan.

Termasuk yang paling penting adalah alur pergerakan jemaah jika ada pemberangkatan nantinya. Lantaran, ini membutuhkan beberapa penyesuaian, seperti penerapan protokol kesehatan.

“Ada delapan sekenario yang sudah kami siapkan, seperti vaksinasi calon jemaah haji, penyiapan tempat karantina di Asrama Haji, swab PCR sebelum berangkat ke Arab Saudi dan penyesuaian protokol pelaksanaan haji sebagaimana yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...