Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Liga Indonesia Masih Belum Jelas, PSSI Masih Menunggu Panggilan Menpora

Dirut PT LIB, Hadian Lukita. (cnnindonesia/Titi Fitriyani)

MURIANEWS, Jakarta- Liga Indonesia, yang terdiri dari Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 sampai saat ini masih belum mendapatkan kejelasan. Sejak setahun lalu, kompetisi sepak bola Indonesia terhenti karena pandemic covid 19.

PSSI tahun ini rencananya sudah akan menggelar kompetisi dengan tehnis pelaksanaan menyesuaikan dengan situasi pandemic covid 19. Rencana yang sudah disusun, kompetisi akan dimulai pada Juli tahun 2021 ini. Namun, ijin yang sudah disampaikan hingga kini belum diberikan oleh Polri.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Hadian Lukita menyatakan, saat ini pihaknya masih menunggu panggilan Menpora Zainudin Amali. Pihaknya sudah menyampaikan keinginan untuk bisa berbicara dengan Menpora terkait masalah ini.

Saat ini, LIB belum bisa memastikan kapan izin akan dikeluarkan pihak kepolisian RI. Pengajuan ijin sudah disampaikan sejak April, setelah gelaran Pra Musim Piala Menpora selesai dilaksanakan.

“Kami juga harus mengerti kondisi lebaran ini konsentrasinya polisi masih sibuk di mudik dan arus balik. Mudah-mudahan minggu ini bisa selesai, izin segera keluar. Kita tunggu saja lah,” ujar Hadian Lukito, pada CNNindonesia, Selasa (18/5/2021)

Kepada Polri, LIB mengajukan dua opsi penyelenggaraan Liga 1 202/2021 dalam situasi pandemi Covid-19. Opsi pertama kompetisi akan dilaksanakan tanpa melibatkan penonton di dalam stadion. Sedangkan opsi lainnya, dengan penonyon, namun dengan jumlah yang dibatasi.

Hadian menyebut, izin yang sebelumnya diharapkan didapat pada awal Mei, dengan harapan para peserta kompetisi bisa mendapatkan cukup waktu untuk memperisiapkan diri. Mengingat pelaksanaan kompetisi dimulai pada 3 Juli 2021.

“Izin sampai saat ini belum keluar. Prinsipnya kami saat ini dalam posisi stand by termasuk koordinasi ke Kemenpora maupun ke Polisi,” tambah Hadian.

“Kami tinggal tunggu Pak Menteri undang kami untuk rakor membahas izin. Begitu juga ke Mabes Polri, karena laporan penyelenggaraan Piala Menpora kemarin sudah masuk,” lanjutnya lagi.

PT LIB juga sudah melakukan kajian terkait pelaksanaan kompetisi seperti yang diperintahkan Presiden Joko Widodo. Kajian awal sudah dirasakan cukup, dan sudah disampaikan hasilnya.

Namun jika kajian ini dinilai masih harus diperdalam lagi, PT LIB siap melakukannya. Hal ini akan dibahas lagi bersama dengan Kementerian Kesehatan, Polisi, Satgas dan Kemenpora. Dalam pekan-pekan ini, keputusan soal izin penyelenggaraan kompetisi diharapkan sudah ada.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: cnnindonesia.com

Comments
Loading...