Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Seluruh Objek Wisata di Jepara Ditutup Saat Kupatan

Salah satu pengunjung sedang berfoto di Pantai Teluk Awur Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pesta Lomban atau Kupatan bagi warga Jepara dijadikan sebagai salah satu hari untuk berlibur bersama keluarga dan teman. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menegaskan untuk menutup seluruh objek wisata yang ada.

Biasanya, setiap kali Kupatan, seluruh tempat wisata mulai dari pantai, perkebunan, sampai pegunungan selalu dipadati wisatawan. Tidak hanya dari dalam kota, wisatawan juga datang dari berbagai daerah lain.

Melalui Surat Edaran Bernomor 556/915 tentang Penutupan Objek Wisata, Sekda Jepara Edy Sujatmiko, menegaskan bahwa sikap pemerintah tetap akan menutup semua objek wisata saat Kupatan pada Kamis (20/5/2021).

“Seluruh wisata baik yang dikelola pemerintah, swasta, maupun desa atau masyarakat untuk ditutup pada hari-H Lomban (kupatan, red),” kata Edy, Selasa (18/5/2021).

Untuk itu, Edy mengimbau kepada seluruh camat agar berkoordinasi dengan jajarannya agar menutup seluruh objek wisata.

Terpisah, Kabid Destinasi Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Nur Zuhruf, mengatakan jumlah wisatawan yang berlibur selama libur Lebaran ini tidak banyak.

Salah satu penyebabnya yaitu pembatasan wisatawan yang hanya 30 persen, dan perintah penutupan wisata maksimal pukul 15.00 WIB.

“Tempat wisata yang dikelola pemda sepi. Dari yang saya pantau, yang masuk ke objek-objek wisata itu pelat nomornya rata-rata lokal,” jelas dia.

Penutupan objek wisata itu, imbuh Zuhruf, merupakan upaya pemerintah dalam menekan angka kasus Covid-19. Mengingat Kota Ukir belum bisa lepas dari pandemi ini.

 

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...