Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Inilah Peta Persaingan Merebut Posisi Empat Besar Di Liga Inggris

Alison Becker baru saja menjadi hero bagi Liverpool. Namun jalan terjal masih menghadang mereka untuk bisa finish di 4 besar Liga Inggris. (cnnindonesia/Pool via REUTERS/LAURENCE GRIFFITHS)

MURIANEWS, Kudus- Persaingan gelar Liga Inggris memang sudah usai, sejak Manchester City tak bisa lagi terkejar Manchester United. Namun begitu, bukan berarti Liga Inggris sudah tidak menarik lagi.

Perebutan posisi 4 besar, yang masih menyisakan dua slot tiket Liga Champions musim depan, masih menyisakan persaingan sengit. Lima tim dengan tiga tim sentral Chelsea, Leicester dan Liverpool, masih berpeluang mendapatkan posisi itu.

Liverpool menjadi salah satu kandidat, setelah melewati beberapa pertandingan dramatis yang berakhir dengan kemenangan utuk mereka. Setelah menghajar tuan rumah Manchester United 4-2, pasukan Jurgen Klopp menang 2-1 dari tuan rumah West Bromwich Albion.

Kemenangan atas WBA itu, juga dilalui Mohamed Salah dkk dengan penuh ‘heroik’. Kemenangan itu ditentukan pada menit ke-90+5’ lewat gol yang di cetak Alison Becker, kiper mereka. Alhasil, Liverpool yang sempat putus asa, kini kembali mendapatkan harapan besar.

Peluang Liverpool untuk bisa mendapatkan satu tiket ke Liga Champions musim depan kini bisa dipastikan jika mereka bisa memenangkan dua sisa pertandingan mereka. Mereka akan menghadapi Burnley dan Cristal Palace. Namun ini juga dengan catatan, Chelsea tidak meraih kemenangan dari Leichester.

Point maksimal Liverpool adalah 69, sedangkan Chelsea dengan asumsi bisa menang di pertandingan terakhir, poinya hanya 67 atau 68. Jika ini terjadi maka Liverpool akan bisa berada di urutan ke-4, berhasil dapat tiket Liga Champions Eropa.

Chelsea sendiri, akan aman jika mampu menang di dua pertandingan mereka. Termasuk saat menghadapi Leichester Rabu (19/5/2021). Dua kemenangan di partai sisa akan membuat nilai Chelsea mencapai 70. Angka ini menyamai Man United, jika mereka tidak bisa menang di dua pertandingan terakhir.

Leichester akan langsung aman jika mampu menang dari Chelsea. Nilai mereka akan menjadi 69. Angka ini sudah cukup aman, karena hanya mungkin disamai Liverpool dengan dua kemenangan di pertandingan mereka.

Jika Leichester kalah dari Chelsea, lalu menang di pertandingan terakhir, sementara Liverpool juga menang di semua pertandingan terakhirnya, maka perolehan nilai Leichester dan Liverpool akan sama yakni 69. Penentuannya akan ditentukan oleh selisih gol mereka.

Berikut gambaran berbagai kemungkinan yang terjadi di Liga Inggris, dari sudut pandang masing-masing tim yang bersaing.

Manchester United dipastikan sudah aman, dengan point 70. Jikapun di dua pertandingan terakhir mereka kalah, maka kemungkinan paling buruk mereka akan berada di posisi 4 klasemen.

Leichester City, jika menang dari Chelsea sudah relative aman untuk bercokol di posisi 3, atau 4. Bahkan jika mereka bisa menang di dua kali pertandingan terakhir, sementara MU kalah terus di dua pertandingan terakhir, mereka bisa berada di posisi runner up klasemen akhir.

Namun jika mereka kalah dari Chelsea, dan bisa menang di pertandingan terakhir, peluang mereka akan ditentukan dengan selisih gol yang akan diadu dengan selisih gol Liverpool (dengan kemenangan di dua pertandingan terakhirnya).

Chelsea akan aman jika bisa menang di dua pertandingan terakhir. Namun jika kalah, dan bisa menang di pertandingan terakhirnya, Chelsea masih menunggu hasil yang dicapai Liverpool. Jika pada saat bersamaan Liverpool menang di semua pertandingan sisa, maka Chelsea akan digusur Liverpool.

Liverpool, akan lolos jika menang di dua pertandingan sisa mereka, dengan catatan Chelsea kehilangan angka di pertandingan sisa mereka. Dalam hal ini, mereka akan lebih diuntungkan jika Chelsea kalah dari Leichester City.

Dengan kalkulasi yang lebih rumit, Liverpool juga masih harus menunggu hasil yang diperoleh Tottenham Hotspur yang menempel tepat dibawah mereka. Benar-benar sengit persaingan yang terjadi.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Dari berbagai sumber

Comments
Loading...