Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jepara Kembali Masuk Zona Oranye Usai Lebaran, Tempat Wisata Disiapkan Swab Antigen

Pelaku perjalanan diswab petugas kesehatan di pos penyekatan pemudik di Welahan Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Jumlah kasus Covid-19 pascalebaran Idulfitri di Kabupaten Jepara kembali naik. Hingga Selasa (18/5/2021) hari ini, tercatat ada 210 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara Muh Ali menyatakan, Bumi Kartini kembali masuk ke zona oranye. Padahal, sebelum Lebaran sudah masuk zona kuning.

Penambahan kasus tersebut tidak terlepas dari pemudik yang masuk ke Jepara. Berdasarkan skrining yang dilakukan selama pantauan arus mudik, Dinkes Jepara menemukan 12 pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Terus terang sebelum Lebaran zona kuning, kini kembali ke zona oranye. Kenaikannya tidak terlalu banyak. Tadi malam hanya 23 orang (yang terkonfirmasi positif Covid-19). Yang kontak erat baru dilaksanakan skrining,” kata Muh Ali, Selasa (18/5/2021).

Untuk itu, lanjut dia, Dinkes Jepara akan menggelar swab antigen di 20 tempat wisata pada Kamis (20/5/2021). Pihaknya menyiapkan ribuan alat swab antigen.

“Satu titik (tempat wisata, red) hanya 50 sampai 100 orang. Target kami minimal 1.000 orang,” tegas Muh Ali.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara membuka tempat wisata selama libur Lebaran. Meskipun hanya 30 persen dari kapasitas hari-hari biasa. Namun, pemerintah juga telah memutuskan untuk menutup seluruh tempat wisata pada pekan Syawalan atau kupatan pada Kamis mendatang.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...