Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hari Pertama Kerja usai Libur Lebaran, Bupati Blora Sidak Puskesmas Hingga Kantor Dinas

Bupati Blora Arif Rahman saat melakukan sidak di Puskesmas di hari pertama masuk kerja usai libur lebaran. (MURIANEWS/Nathan)

MURIANEWS, Blora – Pascalibur Lebaran, Bupati Blora Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pelayanan maupun OPD teknis, Senin (17/5/2021).

Dengan didampingi Sekda Komang Gede Irawadi, Asisten Sekda Bidang Administrasi dr Henny Indriyanti, dan Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Drs Heru Eko Wiyono, rombongan bertolak dari Kantor Bupati menuju tempat sidak pertama di Puskesmas Blora yang ada di Kelurahan Jetis.

Di Puskesmas, Bupati mengecek pelaksanaan vaksinasi dan menyapa masyarakat yang sedang mengantre untuk memeriksakan kesehatannya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Usai dari Puskesmas, rombongan lanjut menuju Dinas PUPR, Kantor Camat Blora Kota, Dinas Rumkimhub, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan serta terakhir ke Dinas Peternakan dan Perikanan.

Selain mengecek presensi kehadiran ASN, Bupati juga mengecek pelayanan dan perkembangan target pekerjaan kegiatan dan pembangunan yang ada di masing-masing OPD.

“Ya, hari ini kami laksanakan sidak bersama dengan Bu Wakil Bupati dan jajaran. Alhamdulillah sudah masuk semua, ada yang sudah tinjauan lapangan. Selain memastikan seluruh layanan telah berjalan normal, kita juga ingin mengetahui sejauh mana progress kegiatan pembangunan di beberapa OPD yang kita datangi,” ucap Bupati.

Di sektor Kesehatan, Bupati mengatakan telah mengunjungi Puskesmas Blora Kota dan Dinas Kesehatan. Pihaknya meminta database persebaran Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di seluruh Kabupaten Blora untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Puskesmas pembantu seharusnya juga bisa dimaksimalkan agar beban Puskesmas tidak terlalu berat. Coba nanti akan kita lihat datanya dan persebarannya. Sedangkan di Dinas Kesehatan tadi kita dorong agar proses vaksinasi bisa terus digenjot mengingat capaian vaksin untuk manula dan pelayanan masyarakat masih rendah,” ungkap Bupati.

Adapun di sektor infrastruktur, Bupati mengatakan bahwa saat di DPUPR tadi pihaknya telah memeriksa beberapa dokumen lelang pembangunan jalan yang sudah siap on going.

“Usai lebaran ini kita ingin langsung tancap gas, pembangunan infrastruktur utamanya. Tadi dokumen lelang proyeknya sudah kita lihat di DPUPR untuk anggaran DAU. Sedangkan DAK sudah berjalan pekerjaan fisiknya seperti di Trembulrejo, Mulyorejo, Ketuwan, dan Menden,” tambah Bupati.

Pihaknya meminta agar DPUPR bisa kerja cepat dan kerja tepat untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur ini. Karena menurut Bupati, ekspektasi masyarakat yang merindukan jalan baik ini sudah sangat tinggi.

Begitu juga saat sidak di Dinas Rumkimhub, Bupati mengingatkan agar proyek-proyek perumahan permukiman dan perhubungan bisa terus dipercepat.

Selanjutnya, saat di Kantor Kecamatan, Bupati sempat mengecek pelayanan perekaman dan pencetakan e-KTP. Pihaknya berkeinginan agar ke depan masing-masing Kecamatan tidak hanya merekam datanya saja namun juga bisa langsung mencetak.

“Dari 16 Kecamatan memang sudah punya alat perekaman datanya, namun untuk mesin cetaknya saya masih menjumpai banyak kerusakan dan harus nebeng di Kecamatan lain terdekat. Kedepan akan kita data, agar saat selesai perekaman bisa langsung dicetak. Masyarakat tidak perlu ke Capil, cukup di Kecamatan masing-masing,” terang Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini.

 

Reporter: Kontributor
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...