Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Digelar Sederhana, Lapak PKL Bulusan Kudus Dibongkar

Satpol PP bersama petugas gabungan saat menertibkan lapak PKL di Tradisi Bulusan. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Tradisi Bulusan di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus tahun ini digelar sederhana. Sejumlah lapak PKL yang sedang menjajakan dagangannya pun dibubarkan oleh Satpol PP dan Pemerintah Desa (Pemdes) Hadipolo.

Upaya itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga tidak terjadi klaster baru di Tradisi Bulusan.

“Kami sebenarnya sudah pantau sejak hari Minggu kemarin itu. Sudah ada lapak-lapak PKL. Hari ini kami operasi gabungan untuk menertibkan lapak PKL di Tradisi Bulusan ini supaya tidak jadi klaster baru,” kata Camat Jekulo, Wisnubroto Purnawarman Jayawardhana, Senin (17/5/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya memberi waktu bagi PKL untuk menertibkan sampai hari ini pukul empat sore. Jika tak diindahkan, pihaknya akan membongkar paksa dan menyita lapak yang ada.

”Selain itu, Tradisi Bulusan juga meniadakan arak-arakan. Dengan begitu tidak ada kerumunan,” terang dia.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Hadipolo, Sulaiman Slamet. Menurut dia penertiban lapak PKL bertujuan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Jangan sampai jadi klaster. Hari ini kami rencana pasang baner larangan jualan. Karena saat ini kan masih pandemi. Dandangan saja dilarang oleh Pemkab.  Jadi kami ya ikut arahan bupati,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...