Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lebaran, Pasien Covid-19 di RS Mardi Rahayu Kudus Melonjak Tiga Kali Lipat

Ilustrasi (Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Pasien Covid-19 di RS Mardi Rahayu per hari ini, Senin (17/5/2021) ada 27 pasien. Jumlah itu melonjak tiga kali lipat dibandingkan sepekan sebelum lebaran.

Lonjakan tiga kali lipat pasien Covid-19 di RS Mardi Rahayu disampaikan oleh Direktur Utama RS Mardi Rahayu dr Pujianto.

“Hari ini ada 27 pasien Covid-19 yang dirawat di Mardi Rahayu. Beberapa hari ini memang terjadi lonjakan pasien Covid-19,” katanya, Senin (17/5/2021).

Dokter Pujianto menambahkan, kenaikan kasus pasien Covid-19 yang terdapat di RS Mardi Rahayu itu bertahap. Di mulai pada 6 Mei lalu ada sembilan orang, lalu 7 Mei ada 13 orang, dan 8 Mei ada 16 orang.

Kemudian pada 13 Mei terdapat 22 orang. Kemudian hari ini, Senin (17/5/2021) ada 27 orang. Kendati ada lonjakan, menurutnya kapasitas bed di RS Mardi Rahayu masih mencukupi.

Dokter Pujianto melanjutkan, sebanyak 27 pasien Covid-19 yang terdapat di RS Mardi Rahayu itu 60 persennya merupakan warga Kudus. Sisanya diisi warga Demak, Jepara, dan Grobogan. Ada juga satu dua orang yang berasal dari luar kota, seperti Semarang dan Jakarta.

“Di Gedung Kana kami punya 46 kapasitas bed. Kalau di Bethesda ada 40 bed. Jadi kami ada 86 bed untuk pasien Covid-19,” terangnya.

Menurut dia, jumlah 27 pasien itu masih sekitar 36 persen dari jumlah keseluruhan ketersediaan bed pasien Covid-19. Menurut dia, lonjakan tersebut karena masyarakat abai protokol kesehatan.

“Kami melihatnya masyarakat masih berkerumun dan abai prokes. Masih berkerumun, buka puasa berkerumun juga. Tidak semua memakai masker. Padahal masker itu harus dipakai terus. Jadi, walaupun tidak mudik, prokesnya harus tetap ditaati,” ujarnya.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap taat protokol kesehatan. Hal ini demi memutus rantai Covid-19.

“Masker harus dipakai terus. Kemudian saat makan jangan sambil ngobrol. Selain itu harus rajin cuci tangan dan bawa hand sanitizer,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...