Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Arus Balik Pemudik Jepara Diprediksi Mulai Terjadi Hari Ini

Bus AKAP di Jepara sedang menunggu penumpang. (Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Gelombang arus balik para pemudik asal Jepara diperkirakan mulai terjadi hari ini (17/8/2021). Ini mengingat, kebijakan larangan mudik akan berakhir pada hari ini, Senin (17/5/2021).

Samsul Arif, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Jepara, melihat belum ada pergerakan gelombang arus balik dari Jepara. Pihaknya memprediksi, gelombang arus balik tidak seberapa jumlahnya. Sebab, jumlah pemudik yang masuk ke Bumi Kartini juga tidak banyak.

Berdasarkan data Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, per 16 Mei 2021, jumlah pemudik yang masuk ke Kota Ukir ada sebanyak 1.585 orang yang tersebar di 240 RW.

Terkait jumlah armada yang beroperasi, Samsul menyebutkan hanya 20 persen jumlah bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) atau rata-rata hanya 20 unit.

“Arus balik ini masih landai. Karena pemudik juga sedikit. Bus-bus juga tidak bisa penuh. Paling-paling tidak sampai 50 persen,” kata Samsul, Senin (17/5/2021).

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara Trisno Santoso, memprediksi para pemudik akan mulai kembali ke domisili asal pada sore sampai malam ini. Berdasarkan catatannya, jumlah, jumlah bus AKAP yang beroperasi di Jepara lebih dari 80 armada.

“Penjual tiket-tiket bus hari ini sudah mulai buka. Kemungkinan mulai sore ini orang-orang mulai berangkat dari Jepara. Puncaknya kemungkinan sampai 3 hari kedepan. Yang penting wajib melaksanakan protokol kesehatan ketat,” terang Trisno.

Sementara itu, Kapolsek Welahan, AKP Susiyanto menjelaskan arus lalu lintas di perbatasan Demak dan Jepara terpantau normal. Untuk arus balik sendiri pun belum begitu ramai. Selain itu, kendaraan luar kota yang masuk ke Jepara juga sangat jarang.

“Arus balik sementara masih belum ramai. Kepadatan lalu lintas juga normal. Kemungkinan arus balik mulai setelah lebaran ketupat,” jelas dia.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...