Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pertahankan Resep Rahasia Sejak 1950, Tongseng Kepala Kambing Pak Taman Pati Jadi Jujukan Saat Lebaran

 

Pelanggan menikmati tongseng kepala kambing Pak Taman. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Kuliner dari bahan kambing menjadi salah satu sajian yang paling sering ditemui saat Lebaran, salah satunya tongseng.

Di Kabupaten Pati, ada tongseng yang cukup legendaris. Yakni tongseng kepala kambing Pak Taman di Desa/Kecamatan Gabus RT 05 RW 04, tepatnya depan Pasar Gabus.

Saat Lebaran seperti ini, tongseng dan sate Pak Taman memang menjadi buruan. Apalagi tongseng yang disajikan merupakan kuliner legendaris sejak 1950 lalu.

Pemilik Omah Sate Pak Taman, Tamziz Al Anas mengatakan, mulanya resep tersebut dibuat oleh kakeknya, yakni Pak Taman sejak 1950. Hingga saat ini, kuliner tersebut masih menyajikan bumbu khas warisan kakeknya itu.

“Kalau saya sudah generasi ketiga. Alhamdulillah sampai saat ini saya masih mempertahankan bumbu khas yang diwariskan oleh kakek,” katanya, Sabtu (15/5/2021).

Yang menjadikan tongseng kepala kambing berbeda adalah tekstur daging setelah diolah. Banyak tongseng kepala kambing yang setelah diolah tetap terasa alot dan bikin selilitan di gigi. Tapi di tangan Tamsiz, justru teksturnya lebih empuk.

“Sangat empuk, bahkan tidak seperti kambing biasanya. Karena pada saat diolah, kepala kambing saya berikan rempah-rempah rahasia, sehingga lebih empuk,” ujarnya.

Saat Lebaran seperti ini, biasanya Omah Sate Pak Taman biasa buka mulai hari kedua Lebaran. Namun khusus Lebaran tahun ini, ia baru buka Minggu (16/5/2021) besok.

“Biasanya seperti itu, tapi karena hari ini ada keponakan yang menikah, maka besok kami baru mulai buka,” katanya.

Momen Lebaran seperti ini, lanjutnya, ada banyak pembeli berdatangan. Yang menjadi incaran selain tongseng kepala kambing adalah sate.

“Kalau Lebaran, kami biasanya agak kewalahan. Karena biasanya usai masyarakat halalbihalal di rumah saudaranya, biasnbiasanyaaya langsung mampir ke sini,” ungkapnya.

Sementara penikmat tongseng kepala kambing Pak Taman, Sinarto Soeklar mengaku sangat menikmati sajikan legendaris tersebut. Bahkan dirinya sengaja meluangkan waktu untuk menikmati kuliner tersebut.

“Setelah berkeliling ke rumah saudara dan disuguhi jajanan, paling enak setelah itu memang menikmati tongseng kepala kambing. Dagingnya lembut, empuk, tidak sampai selilitan di gigi,” ungkapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...