Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Usai Kemoterapi Apa Kanker Payudara Sudah Benar-Benar Sembuh? Ini Penjelasannya

Ilustrasi kanker payudara. (Alodokter)

MURIANEWS, Kudus – Kanker payudara menjadi salah satu penyakit paling mematikan bagi kaum perempuan. Upaya untuk mengobati penyakit ini, salah satunya yakni dengan teknologi kemoterapi.

Namun apakah terapi ini menjamin penderita benar-benar sembuh, atau penyintasnya tak akan lagi kambuh?.

Dalam Forum Tanya Dokter di Smarther Health, permasalahan ini dibahas oleh dokter kanker dari Sunway Medical Velocity Malaysia, dr Hafizah Zaharah.

Dalam forum itu, muncul pertanayaan tentang soal kanker payudara stadium tiga, dan sudah menjalani kemoterapi.

“Dok, saya penderita kanker payudara stadium 3 yang sedang dalam pengobatan. Sudah kemoterapi. Pertanyaan saya, apa bisa kanker saya menyebar ke paru-paru. Soalnya saya punya riwayat TB,” tanyanya.

Menurut dokter Hafizah Zaharah, pengidap kanker payudara stadium tiga  memang memiliki risiko kanker yang dapat kambuh dan menyebar ke paru-paru.

“Terlepas memiliki riwayat TB stadium tiga memang memiliki risiko kanker yang dapat kambuh dan menyebar ke paru-paru,” terangnya.

Lebih lanjut, menurut dia yang terpenting yakni konsultasi ke dokter kanker. Selain itu pasien wajib rutin melakukan citraan radiologi untuk memantau perkembangan dan mendeteksi tanda-tanda kambuhan.

Dalam forum itu, beberapa penanya mengaku sudah mencoba untuk kemoterapi. Namun, masih merasa tidak nyaman di bagian payudara. Salah satunya masih merasakan nyeri.

“Dok, saya kanker triple negatif. Saya sudah kemo tapi masih saja nyeri di bagian payudara saya. Kenapa ya dok? Apa ini berarti kankernya masih ada?,” tanyanya.

Pertanyaan itu dijawab oleh dr Hafizah Zaharah. Menurutnya sakit di area payudara tidak selalu karena kanker. Dia menganjurkan agar pasien tersebut berkonsultasi dengan dokter bedah payudara.

“Tujuannya untuk mengetahui sumber rasa sakitnya. Apakah itu berhubungan dengan saraf, otot, tulang, atau payudara itu sendiri,” katanya.

Menurut dokter Hafizah Zaharah ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit. Selain itu dokter yang memeriksa bisa menggunakan CT Scan agar mengetahui penyebabnya lebih jauh.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...