Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jangan Lewatkan, Wisata Kuliner Pesisir Jepara Sudah Mulai Beroperasi

Pindang serani salah satu kuliner khas Jepara yang patut untuk dicoba. (Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Libur Lebaran Idulfitri menjadi salah satu momen yang paling dinanti bagi pelaku wisata di Jepara. Salah satu tujuan yang paling banyak diserbu wisatawan adalah wisata kuliner ala pesisiran.

Biasanya, menu kuliner yang menjadi khas dan selalu ada di tempat wisata pesisir Jepara adalah aneka masakan laut. Terutama pindang serani, ikan bakar, dan menu-menu lainnya yang dijamin akan menggoyang lidah siapapun.

Sejak Jumat (14/5/2021) kemarin, banyak objek wisata di Jepara yang sudah buka. Meskipun hanya dibatasi sampai 30 persen dari kapasitas pengunjung di hari-hari sebelum adanya pandemi. Hal itu juga terlihat dari banyak rumah makan khas Jepara yang sudah buka.

Khaerun, Manajer Pengelola Objek Wisata Pantai Bandengan, mengatakan sejak kemarin pihaknya sudah membuka objek wisata.

Ikan bakar khas Jepara. (MURIANEWS/Istimewa)

Hampir seluruh pedagang kaki lima dan rumah makan pun ikut buka. Menu-menu khas pesisir Jepara menjadi sajian paling unggul.

“Dari kemarin sudah buka. Rumah makan yang paling besar di dalam (area Pantai Bandengan, red) juga sudah buka. Menunya sudah pasti Pindang Serani dan ikan bakar,” kata Khaerun, Sabtu (15/5/2021).

Berpindah ke Pantai Bondo di Kecamatan Bagsri. Omah Laut, salah satu rumah makan yang menjual beragam olahan khas Jepara juga sudah buka.

Teni, pemilik Omah Laut, mengaku sudah buka dan siap melayani pengunjung yang datang. Suguhan Pidang Serani atau Ikan Bakar pun jadi andalannya.

“Ada yang sudah buka. Ada yang belum. Kalau Omah Laut sudah buka,” terang Teni.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara telah memutuskan untuk membuka tempat wisata dengan pembatasan. Termasuk wisata kuliner. Ini memberikan kelonggaran bagi pengusaha kuliner yang ingin membuka rumah makannya.

Pindang Serani dan Ikan Bakar memang menjadi kuliner paling tepat ketika berwisata ke Jepara. Terutama ke objek-objek seperti pantai. Pengunjung akan merasakan kenikmatan tersendiri saat menikmati pemandangan laut sambil makan kuliner khas Jepara.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...