Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Simak, Ini Daftar Warung Makan di Kudus yang Sudah Buka Hari Ini

Lentog Pak Ndek. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Momen Idulfitri bagi sebagian besar orang merupakan momen berkumpul dengan keluarga kecil hingga besar. Perayaan Idulfitri yang juga berada di awal akhir pekan juga membuat momen berkumpul dengan keluarga semakin ramai.

Banyak keluarga, kemudian memanfaatkan libur panjang tersebut untuk berwisata. Baik wisata alam hingga wisata kuliner.

Di Kudus sendiri, hingga H+2 Lebaran ini sudah mulai banyak tempat-tempat kuliner khas yang sudah buka. Redaksi MURIANEWS berupaya mengumpulkan informasi terkait hal ini. Berikut tempat-tempat kuliner yang telah buka di Kota Kretek mulai Sabtu (15/5/2021).

 

 

Warung Lentog Pak Ndek. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Lentog Pak Ndek

Kuliner satu ini merupakan salah satu khasnya Kudus. Perpaduan lontong yang disiram dengan kotokan tahu tempe dan tewel (gori manis) memunculkan rasa yang khas namun tetap ringan untuk disantap di pagi hari. Menu tambahannya, ada aneka macam sate dan gorengan. Seporsi lentog tersebut, dibanderol dengan harga Rp 5 ribu saja.

Lentog Pak Ndek sendiri, sudah eksis sejak tahun 1952. Saat itu, pendirinya Pak Ndek berjualan dengan cara memikul dagangannya. Kini, bisa ditemui di komplek sentra Lentog Tanjung Kudus.

 

Warung Pindsot H Sulichan. (MURIANEWS/Anggra Jiwandhana)

Pinsot Sulichan

Menu andalan warung makan ini tentu pindang daging dan soto ayam maupun kerbau. Pindang daging sendiri punya cita rasa yang ringan namun kaya akan rempah.

Daging kerbaunya yang empuk dan gurihnya kuah khas yang hampir mirip rawon, namun lebih ringan untuk disruput jadi ciri khasnya.

Sementara untuk soto ayam dan kerbau, sama seperti soto khas Kudus pada umumnya. Ditambah dengan aneka sate maupun perkedel bisa menaikkan cita rasanya.

Warung ini sudah mulai buka mulai hari ini. Harganya, mulai dari Rp 15 ribu saja. Pinsot Sulichan sendiri berada di Komplek Taman Bojana Kabupaten Kudus, di dekat Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus.

 

Opor Sunggingan

Yang membedakan dari opor pada umumnya adalah ayamnya yang dibakar utuh. Kemudian daging ayam disuir-suir dan disiram kuah opor. Tak lupa ditambahkan sambal goreng tahu.

Opor Sunggingan, bisa mulai dinikmati hari ini, di Jalan Niti Semito Nomor 9, Ploso, Plosokrajan, Sunggingan, Kudus.

 

 

Lentog Ashadi

Selain lentog Pak Ndek, di Kudus juga ada lentog Ashadi yang cukup dikenal. Lokasinya berada di Jalan AKBP Agil Kusumadya Nomor 20, Jatikulon Krajan, Jati Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Lentog di tempat ini memiliki citarasa yang khas dan tentunya memanjakan selera penggemar sajian lentog.

 

Soto Djatmi

Warung soto ini merupakan satu di antara warung-warung soto legendaris di Kota Kretek. Tak ayal, warungnya selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pilihannya ada soto ayam dan soto kerbau.

Soal rasa, jangan ditanya. Karena warung ini punya khasnya sendiri. Kuahnya yang kaya akan rempah jadi salah satu keistimewaannya. Warung Soto Djatmi bisa dijumpai di Jalan Kyai H. Wahid Hasim Nomor 43, Magersari, Panjunan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...