Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

KH Agil Siradj Minta Warga Nahdizin Gelar Sholat Idul Fitri di Rumah Masing-Masing

KH Agil Siradj, Ketua PBNU. ((KOMPAS.COM/PERDANA PUTRA)

MURIANEWS, Jakarta- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta seluruh warga Nahdliyin untuk tetap bersama-sama ikut menjaga diri terjadap kemungkinan penyebaran virus covid 19. Para warga Nahdiyin diminta untuk tidak memaksakan diri menggelar sholat idul fitri di luar ruangan.

Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj mengimbau agar warga Nahdliyin menggelar shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di rumah masing-masing. Hal ini dilatar belakangi masih tingginya angka kasus penularan Covid-19 di Indonesia.

Namun demikian, Sholat Idul Fitri tetap bisa dilaksanakan di masjid dengan tetap menerapkan protocol Kesehatan secara tegas. Ketentuan ini hanya berlaku di wilayah yang sudah dinyatakan sebagai zona hijau oleh Satgas Covid-19 di wilayah masing-masing.

“Kami mengimbau kepada semua warga Nahdliyin agar melaksanakan shalat Idul Fitri tahun 1442 Hijriah ini nanti hari Kamis di rumah masing-masing, kecuali kalau di daerah itu hijau. Kalau pendekatan Satgas daerah itu hijau, boleh melaksanakan di masjid itu pun dengan tetap menjaga protokol kesehatan , “kata Said Agil Siradj, melalui kanal Youtube NU.

Sebelumnya, Said juga menyampaikan tanggal 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5/2021). Ketetapan ini didasarkan hasil rukyatul hilal yang dilakukan oleh Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama di sejumlah titik di Indonesia pada, Selasa (11/5/2021). Dari hasil tersebut, kata Said, tidak ada satu pun tim yang berhasil melihat hilal.

“Dengan demikian, umur bulan Ramadhan 1442 Hijriah adalah 30 hari istiqmal. Atas dasar Istiqmal tersebut dan sesuai dengan pendapat Al Mazahibul Arba’ah dengan PBNU ini mengabarkan bahwa awal bulan Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021,” kata Said.

Untuk itu, ia mengimbau kepada semua warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada Kamis 13 Mei 2021. Tak lupa, ia juga mengingatkan untuk tetap tinggal di rumah paa Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Penerapan protocol Kesehatan dan terus mematuhi protokol kesehatan 5M harus dilakukan. Karena ancaman pandemic covid 19, akan rawan terjadi pada masa tradisi Idul Fitri ini.

“Kami sampaikan selamat Idul Fitri 1442 Hijriah dengan penuh isi dan tetap mematuhi kesehatan 5M. Memakai masker, mengungkapkan tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi,” tutup Said Agil Siradj.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: kompas.com

Comments
Loading...