Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Takbir Keliling Dilarang Di Blora, Jika Membandel Akan Dibubarkan

Ilustrasi : Takbir keliling gunakan bak terbuka

MURIANEWS, Blora- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melarang kegiatan takbir keliling pada malam Idul Fitri, Rabu (12/5/2021) mala mini. Masyarakat diminta untuk menggelar takbiran di masjid maupun mushala masing-masing, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Takbir keliling secara aturan tidak diperbolehkan, kita akan koordinasikan dengan pihak kepolisian terkait malam takbiran nanti ini,” Jelas bupati Arief Rohman, Rabu (12/05/2021).

Terkait hal ini, pihaknya meminta agar masyarakat bisa mematuhi apa yang sudah ditetapkan pemerintah. Pelarangan Takbir keliling dilakukan untuk melindungi masyarakat dari ancaman penularan covid 19.

Sementara itu Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati mengatakan terkait pembatasan malam takbir sudah disampaikan ke masyarakat. Himbauan dan sosialisasi kegiatan ini sudah dilakukan melalu berbagai cara.

“Kita minta masyarakat untuk takbiran di masjid masing-masing dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan. Itu pesan yang sudah kami sampaikan,” katanya

Etik sapaan Tri Yuli, mengatakan, larangan takbir keliling dilakukan semata untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan yang dapat menimbulkan penularan virus corona. Semua dilaksanakan sebagai bagian upaya pemerintah melindungi masyarakatnya.

“Kita tetap antisipasi kegiatan-kegiatan yang dapat menularkan virus. Karena bagaimana pun virus ini masih ada,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Blora, AKBP Wiraga Dimas Tama, menjelaskan, sebagai bentuk pencegahan, pihaknya akan menggelar patroli jalanan di malam lebaran.

“Takbir keliling Dilarang. Silahkan dilaksanakan di masjid masing-masing dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan secara tegas. Nanti kita antisipasi dengan patroli dan strong point di pos-pos,” ujarnya.

Polres Jepara siap melakukan tindakan tegas bagi warga yang nekat menggelar takbir keliling.

“Kalau ada yang bandel, kita bubarkan dan kita beri imbauan,” tandasnya.

Kontributor Blora
Editor: Budi erje

 

Comments
Loading...