Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pakumas Pati Bagikan Jajan Lebaran untuk Yatim dan Duafa

 

Anggota Pakumas Pati memberikan paket jajanan Lebaran kepada lansia. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Paguyuban Kudur Maslahat (Pakumas) Desa Kudur, Kecamatan Winong, Pati memberikan ratusan paket jajan Lebaran untuk anak yatim dan duafa. Harapannya, sekali pun masih dalam situasi pandemi Covid-19, mereka tetap bisa merayakan Lebaran sebagaimana masyarakat mampu lainnya.

Ketua Pakumas Edi Sulistyono mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya rutin dilakukan setiap tahun. Apalagi, memang di Desa Kudur sendiri ada sekitar 145 anak yatim dan duafa.

“Kami berikan paket jajan Lebaran sesuai dengan jumlah tersebut. Ada yang memang anak yatim, ada juga lansia yang tinggal sendirian di rumah,” katanya, Selasa (11/5/2021).

Menurutnya, khusus bagi lansia yang hidup sebatangkara di rumah memang menjadi prioritas utama. Terlebih apabila mereka sudah tidak mempunyai keluarga.

“Tidak bisa kita bayangkan, lansia kalau masih punya keluarga, mungkin ada yang membelikan jajan Lebaran. Tapi kalau yang tidak punya keluarga, hanya hidup sendirian tentunya tidak ada yang memberikan jajan,” imbuhnya.

Pemberian paket jajan Lebaran tersebut diakui merupakan bentuk empati dari para anggota. Mereka terketuk hatinya untuk membantu sesama di bulan yang penuh berkah ini.

“Murni iuran dari anggota. Karena sudah rutinitas, maka kami menyisihkan sebagian harta untuk mereka yang membutuhkan,” urainya.

Selain pembagian paket jajan Lebaran itu, sebelumnya Pakumas Pati ini juga pernah memberikan karpet di masjid maupun musala. Harapannya, gerakan sosial ini berlangsung secara terus menerus.

“Bantuan yang kami berikan, memang tidak seberapa. Tetapi meski pun sedikit, bisa bermanfaat bagi yatim dan duafa,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...