Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cupang Budi Daya Arnold dari Kudus Ini Laku Sampai Malaysia

Salah satu ikan cupang yang dijual di Cupang Galeri Indonesia. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Ikan cupang yang dibudidayakan oleh Arnold Maori, mampu diminati oleh pembeli sampai ke Negeri Jiran Malaysia. Jenis yang paling banyak diminati yakni cupang avatar cooper.

Ditemui di tokonya Cupang Galeri Indonesia yang berada di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Arnold-sapaan akrabnya me jelaskan jika ia sudah tujuh kali mengirim ikan cupang ke Negeri Jiran.

“Bulan April lalu menjual ke Malaysia sebanyak tujuh kali dengan orang yang berbeda-beda. Jenis ikan cupang yang dipesan avatar cooper,” katanya, Selasa (11/5/2021).

Cupang jenis itu menurutnya memang lagi naik daun, dengan harga sekitar Rp 380 ribu. Menurut pria kelahiran Semarang, 30 September 1988 itu Avatar Copper tersebut sedang naik daun dan sangat diminati. Salah satunya karena bentuknya yang bagus.

Arnold Maori menunjukkan ikan cupang yang dijualnya. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

“Badan ikannya itu bisa rintik-rintik seperti meteor. Kalau disorot lampu, warna di badannya bisa ngebias antara gold dengan warna cooper atau perak,” terangnya.

Pria yang memulai usaha jualan cupang sejak Agustus 2020 mengaku usaha miliknya berawal dari hobi. Dia membutuhkan waktu 5,5 bulan untuk sekali panen.

Harga kisaran cupang yang dijual di tempatnya dimulai dengan harga Rp 50 ribu sampai Rp 3,5 juta. Untuk harga Rp 3,5 juta itu untuk ikan cupang avatar cooper.

Lebih lanjut, bibit ikan cupang didapatnya dari beberapa tempat. Mulai dari Thailand dan Indonesia. Untuk pesanan ikan cupangnya di area Indonesia, Arnold menjual ke beberapa daerah.

Seperti Pati, Yogyakarta, Jakarta, Tulungagung, Bogor, Bandung, Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kalimantan, dan Jayapura.

Dalam satu bulan, rata-rata dia mampu menjual 500 ekor cupang. Penjualan ikan cupangnya dilakukan lewat online yakni melalui Facebook Bebe Betta dan Instagram Bebebetta_.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editot: Ali Muntoha

Comments
Loading...