Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Instansi dan Komunitas di Kudus Diimbau Tak Gelar Halalbihalal Tatap Muka

Bupati Kudus HM Hartopo (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Instansi dan komunitas masyarakat di Kabupaten Kudus diimbau untuk tidak menggelar halalbihalal tatap muka secara berkerumunan dalam perayaan Idulfitri 2021. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di kerumunan halalbihalal.

Masyarakat di Kabupaten Kudus juga diimbau untuk hanya berkunjung atau silaturahim dengan kerabat-kerabat terdekat saja.

“Tidak usah jauh-jauh dan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Bupati Kudus HM Hartopo, Selasa (11/5/2021).

Sementara apabila tetap ingin menggelar silaturahim dengan saudara yang jauh, Hartopo menyarankan untuk melakukannya secara virtual saja. Sehingga tidak ada mobilitas ke dalam dan luar kota selama Lebaran nanti.

Hal tersebut, juga untuk mendukung pemerintah pusat untuk menekan angka kasus Covid-19 harian selama libur Lebaran. Sehingga tak ada lonjakan kasus pasca hari besar umat agama Islam tersebut.

Hartopo sendiri, tidak menggelar acara Open House di Lebaran tahun ini. Mengingat perkembangan kasus Covid-19 di Kudus masih fluktuatif.

Hartopo, sebelumnya juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 451.1/1061/04.02 tentang panduan pelaksanaan salat Idulfitri di Kabupaten Kudus. Sejumlah ketentuan pun diatur dalam SE tersebut.

Baca: Jemaah Salat Idulfitri di Kudus Dibatasi 50 Persen dari Kapasitas, Khotbah Paling Lama 20 Menit

Satu di antara yakni meminta pengurus masjid penyelenggara salat Idulfitri untuk membatasi jemaah salat, hanya 50 persen saja dari total kapasitas masjid.

Apabila kurang memungkinkan, panitia masjid yang menggelar salat Idulfitri bisa menyediakan saf salat di lapangan atau area yang terbuka.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau pelaksanaan khotbah juga dibatasi maksimal 20 menit saja. Dengan tetap memenuhi syarat rukun khotbah.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...