Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pintu Masuk Jepara Sepi Pemudik, Per Menit Hanya 30 Kendaraan Melintas

Bupati Jepara Dian Kristiandi menanyai pengendara yang lewat di Pos Penyekatan Welahan. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Dua hari sebelum Lebaran Idulfitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara kembali memantau jalur-jalur pintu masuk Bumi Kartini. Hingga Selasa (11/5/2021) siang ini, kondisi lalu lintas masih ramai lancar.

Pemantauan dilaksanakan di Pos Penyekatan Welahan dan Nalumsari. Dari pantauan MURIANEWS, kondisi jalan di perbatasan Demak dan Jepara terpantau lengang. Kendaraan-kendaraan yang berpelat nomor luar daerah juga jarang terlihat.

Setiap satu menit, kendaraan yang lewat hanya sekitar 30 unit saja. Itupun bukan pemudik dari luar daerah. Melainkan pengendara yang biasa lewat jalur tersebut.

Beberapa kendaraan berpelat nomor luar daerah diberhentikan. Mereka dimintai keterangan oleh petugas dari mana asalnya.

Petugas juga memeriksa isi kendaraan dan surat jalan yang wajib dibawa pengendara. Seperti surat rapid tes. Selain itu, mereka juga langsung diswab oleh petugas kesehatan yang berjaga.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, sejak larangan mudik dilaksanakan dan pos penyekatan diefektifkan, jumlah sample swab yang diambil sebanyak 68 di pos penyekatan Welahan. Beruntung, semua yang diswab negatif Covid 19.

Alhamdulillah sejauh ini belum ada kasus atau klaster baru. Meski begitu, saya berharap saudara-saudara (warga Jepara yang berada di luar daerah, red) kita tetap menahan diri untuk tidak pulang ke kampung halaman,” kata Andi, Selasa (11/5/2021).

Berdasarkan data yang dia miliki, diperkirakan pemudik yang masuk di Jepara sudah ada seribu orang. Untuk itu, pihaknya menggencarkan upaya pencegahan sampai di tingkat RT-RW.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...