Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tutup Seluruh Objek Wisata, Kabupaten Magelang Dapat Apresiasi Gubernur Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau Candi Borobudur. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Magelang – Kebijakan penutupan seluruh objek wisata di wilayah Kabupaten Magelang mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pihaknya berharap kebijakan ini bisa diikuti oleh daerah lain, dalam rangka  penanganan pandemi Covid-19.

Ganjar Pranowo, melakukan pengecekan di kawasan Candi Borobudur, Mungkid, Kabupaten Magelang, Senin (10/5/2021). Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah, Candi Borobudur sudah ditutup sejak 8 Mei 2021 lalu. Rencananya penutupan akan dilakukan sampai 17 Mei 2021 mendatang.

“Mudah-mudahan yang di Magelang ini juga bisa menjadi contoh, ini dengan pihak Borobudur sudah mulai ditutup sejak tanggal 8 Mei, sampai 17 nanti,” katanya, Senin (10/5/2021).

Ganjar Pranowo menyebutkan, selain Kabupaten Magelang ada dua kabupaten yang juga sudah menyampaikan akan menutup seluruh objek wisatanya, selama moment Lebaran. Dua kabupaten tersebut adalah Kabupaten Wonogiri dan Kebumen.

Namun, dari dua kabupaten tersebut, Ganjar mengaku belum bisa memastikas sepenuhnya untuk wilayah Kebumen. Sebab pihaknya mengetahui adanya informasi terkait soal wisata di Kebumen.

“Yang sudah menyampaikan adalah Kabupaten Magelang, yang menutup semuanya. Kemarin Wonogiri juga, informasinya Kebumen juga, cuman yang di Kebumen saya lihat datanya masih ada,” kata Ganjar Pranowo, menambahkan.

Terhadap objek wisata di daerah, Ganjar meminta masing-masing pemerintah daerah memerhatikan potensi keramaian yang ditimbulkannya. Jika memang tidak dapat melakukan pengawasan dan penanganan ketat, maka lebih baik tutup.

“Potensi-potensi tempat pariwisata yang kerumunannya banyak saya sarankan juga untuk diperhatikan. Kalau kira-kira agak berat untuk mengawasi ya ditutup saja. Itu jauh lebih baik,” tegasnya.

Bagi daerah-daerah yang tetap membuka tempat wisata, harus memastikan untuk bisa melaksanakan kegiatan pariwisata sesuai dengan standar prosedur Kesehatan. Jumlah pengunjung harus dibatasi sebanyak 30 persen dari kapasitas normal.

Namun jika penerapan dan penanganan di obyek wisata dirasakan sulit mengontrolnya, Ganjar meminta agar ditutup saja. Penutupan akan lebih baik, daripada menimbulkan potensi penularan covid 19.

Sebagai informasi, Destinasi wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditutup selama libur Lebaran 2021/1442 hijriah. Kebijakan Pemerintah Daerah ini sesuai instruksi pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Tengah guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...