Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hampir 700 Pemudik Sudah Masuk di Jepara

Para pemudik diswab saat melewati pos penyekatan Welahan Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Gelombang pemudik yang masuk ke wilayah Kabupaten Jepara terus bertambah. Hingga Senin (10/5/2021) siang ini, data yang sudah masuk mencapai 696 pemudik.

Suharsana, Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara mengatakan, setiap pemudik yang masuk ke Bumi Kartini didata melalui Posko Jogo Tonggo.

Harsana menjelaskan, pendataan tersebut dilakukan lewat aplikasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Jogo Tonggo. Melalui aplikasi itu, seluruh pemudik bisa terpantau oleh pemerintah.

Pihaknya menyebutkan, data pemudik yang sudah masuk sebanyak 696 orang yang tersebar di 119 RW di seluruh Kabupaten Jepara. Desa yang terpantau paling banyak dimasuki pemudik adalah Desa Suwawal Timur, Kecamatan Pakis Aji.

“Kalau pemudik datang itu langsung didata. Sementara yang paling banyak itu di Desa Suwawal Timur,” kata Harsana, Senin (10/5/2021).

Pada saat pendataan, lanjut Harsana, pemudik langsung dimintai keterangan terkait surat jalan berupa hasil rapid tes paling lama 24 jam sebelum keberangkatan dari lokasi daerah asal.

Dari hasil pendataan, sampai sekarang rata-rata pemudik yang terdata sudah membawa surat tersebut.

“Kalau ada yang tidak bawa (surat rapid tes) langsung disuruh isolasi mandiri di rumah,” imbuh Harsana.

 

 

Reporter: Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...