Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Jelang Lebaran Prokes di Pasar Kliwon Kudus Diperketat, Penyemprotan Rutin Tiap Jumat

Pengendara melintas di depan Pasar Kliwon Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Menjelang Lebaran Idulfitri yang hanya menghitung hari, pihak Pasar Kliwon Kudus memperketat protokol Kesehatan (prokes). Tujuannya agar tidak ada temuan kasus Covid-19.

Memperketat prokes yang dimaksud yakni dengan memberikan imbauan lewat pengeras suara setiap 30 menit sekali dari yang biasanya satu jam sekali. Selain itu kegiatan 3M diterapkan dan harus ditaati.

“Kami selalu imbau lewat pengeras suara. Selain itu kami juga siapkan petugas cek suhu juga. Di pintu-pintu masuk kami ada tempat cuci tangan. Total ada 30 tempat cuci tangan,” kata Koordinator Pasar Kliwon, Sugito, Senin (10/5/2021).

Menurutnya, pedagang dan pembeli masih tertib mencuci tangan dan memakai masker. Selain itu, penyemprotan juga dilakukan setiap hari Jumat.

“Jumat pekan kemarin kami lakukan penyemprotan. Di Pasar Kliwon kan ada delapan blok. Tiap Jumat kami semprot empat blok di tiap pekannya. Jumat depannya lagi empat blok. Karena untuk penyemprotan tidak bisa sehari selesai,” terangnya.

Sugito melanjutkan, berkaca dari setiap tahunnya dua atau tiga menjelang Lebaran, biasanya kondisi pasar sudah lengang. Pada Rabu (12/5/2021) mendatang menurut Sugito pedagang pasar biasanya hanya buka setengah hari.

Dia menambahkan, puncak jumlah pengunjung terjadi pada Sabtu (8/5/2021) dan Minggu (9/5/2021) kemarin. Sedangkan Senin (10/5/2021) hingga Rabu (12/5/2021) ini diprediksi lengang.

“Rabu rencananya para pedagang buka setengah hari. Tahun-tahun sebelumnya juga seperti itu. Sehari menjelang lebaran pada buka setengah hari,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sugito mengatakan sejauh ini kondisi di Pasar Kliwon masih tertib. Selain Itu per hari ini menurutnya tidak ada temuan kasus Covid-19 di area pasar.

Alhamdulillah per hari ini juga tidak ada temuan kasus positif Covid-19. Imbauan kami tetap menjalankan prokes di area pasar. Seperti memakai masker, tidak berkerumun dan mencuci tangan,” imbuhnya.

Nantinya Pasar Kliwon Kudus akan tutup pada Kamis hingga Jumat (13-14/5/2021) mendatang. Pasar Kliwon direncanakan buka secara kondisional pada Sabtu (15/5/2021).

“Sabtu dan Minggu masih kondisional untuk dibuka. Kami melihat dulu kalau hanya satu dua kios yang buka, lebih baik tutup dulu. Dan mulai buka normal hari Senin. Dari kami juga mulai piket Sabtu. Jadi nanti kami lihat dulu,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...