Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Masjid Agung Baitunnur Blora Bakal Gelar Salat Idulfitri, Prokes Diperketat

Penerapan protokol kesehatan di Masjid Agung Baitunnur Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Masjid Agung Baitunnur Blora dipastikan akan menggelar salat Idulfitri 2021 berjemaah. Namun dalam pelaksananya, akan diterapkan protokol Kesehatan (prokes) secara ketat.

Takmir masjid juga akan menggandeng Satgas Penanganan Covid-19 Blora dan sejumlah pihak lain, untuk mematikan pelaksanaan salat Idulfitri aman dari penularan Covid-19.

Ketua Takmir Masjid Baitunnur KH Khoirurrozikin mengatakan, pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari satu tahun telah memberi pengalaman tersendiri bagi takmir dalam penyelenggaraan ibadah yang aman. Menurutnya, lantaran tahun ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir, pihak masjid kembali melakukan aturan ketat dalam pelaksanaan ibadah di masjid terbesar di Blora itu.

“Untuk area di dalam masjid, kami siapkan petugas yang akan memeriksa suhu tubuh jemaah yang akan masuk masjid. Kami sediakan pula sarana cuci tangan pakai sabun dan hand sanitizer. Jaga jarak juga kami terapkan,” katanya, Senin (10/5/2021).

Sedangkan untuk yang di kawasan alun-alun, pihaknya berkoordinasikan dengan satgas Covid-19 dan aparat keamanan untuk penertibannya.

Menurutnya, sesuai keputusan pemerintah, salat Idulfitri tahun ini hendaknya tidak dipusatkan di satu lokasi. Hal itu untuk menghindari kerumunan jemaah yang rentan menjadi media penyebaran Covid-19.

“Kami mengimbau kepada jemaah untuk selalu taat protokol kesehatan. Selalu kenakan masker. Silahkan memilih lokasi salat Idulfitri, jangan hanya di Masjid Baitunnur saja,” harapnya.

Lebih lanjut KH Khoirrurozikin mengemukakan, antisipasi penyebaran Covid-19 sudah sejak lama diterapkan takmir masjid. Di antaranya dengan menyediakan hand sanitizer di pintu masuk masjid.  “Di dalam masjid juga diberi tanda untuk menjaga jarak antarjemaah,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan, beberapa hari sebelum Ramadan, takmir masjid telah membersihkan kawasan masjid dengan melibatkan remaja masjid.

Menurutnya, takmir masjid memutuskan untuk menggelar takbir bersama di malam Idulfitri. Namun, takbir bersama itu hanya akan diikuti jemaah dengan jumlah terbatas. “Tentunya juga dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” tegasnya.

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...