Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Waspada! BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Landa Sejumlah Wilayah Indonesia Hingga 17 Mei

Ilustrasi. Gumpalan awan hitam yang mengepul di kawasan Jalan Pati-Gabus dan ditakuti menjadi badai tornado. (Dok. MURIANEWS)

MURIANEWS, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengajak semua masyarakat Indonesia untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.

Hal itu lantaran BMKG memprediksi beberapa wilayah di Indonesia akan dilanda cuaca ekstrem mulai tanggal 10 hingga 17 Mei 2021.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengungkap dengan adanya peringatan tersebut, semua warga diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem.

Beberapa di antaranya berupa hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat dengan disertai petir dan angin kencang. Termasuk potensi hujan es.

“Hal ini berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” jelasnya seperti dikutip Detik.com.

Hasil pengamatan BMKG, teramati pola sirkulasi siklonik di Laut Sulu dan Papua Barat sehingga memperlambat kecepatan angin. Kondisi atmosfer yang masih labil diduga mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan yang lebih intensif.

Berikut wilayah-wilayah yang diprediksi BMKG bakal diguyur hujan lebat:

10-12 Mei 2021 :

Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

13-15 Mei 2021 :

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

16-17 Mei 2021 :

Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Berikut wilayah yang diprediksi terjadi banjir bandang:

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Papua.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...