Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

635 Pemudik Telah Masuk Kudus Satu di Antaranya Positif, Testing Dipercepat

Suasana Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus akhir pekan lalu banyak kerumunan masyarakat. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 635 pemudik dari luar Kabupaten Kudus tercatat sudah masuk di Kota Kretek. Dari jumlah tersebut, ada satu pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Bupati Kudus HM Hartopo mengonfirmasi hal tersebut. Pihaknya pun kini mulai menggencarkan tracing dan testing bagi para pemudik yang lolos penyekatan tersebut.

“Jumlah tersebut melonjak dari Minggu (9/5/2021) siang yang hanya sekitar 300 pemudik saja,” ucap Hartopo, Senin (10/5/2021).

Sampai saat ini, kata Hartopo, memang masih banyak pemudik yang belum terskrining dengan baik. Sehingga pihaknya akan menginstruksikan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Satgas Covid-19 Kudus untuk segera melakukan testing.

“Tapi untuk penambahan positif belum ada, masih satu itu dari Desa Gulang,” ujar Hartopo.

Pemudik positif tersebut, lanjut Hartopo, kemudian melakukan isolasi mandiri di kediaman rumahnya. Hal tersebut dikarenakan keadaan rumahnya yang mendukung untuk dilakukan isolasi.

“Sementara yang sudah di-tracing dan testing tetap akan kami awasi dengan maksimal,” jelas Hartopo.

Bupati sendiri telah mengimbau kepada semua warga Kudus yang berada di perantauan untuk tidak pulang ke Kudus di Lebaran tahun 2021 ini.

Begitu juga sebaliknya, warga Kudus yang akan pergi ke kampung halamannya di luar Kudus juga diimbau untuk tidak melakukan perjalanan mudik.

Biaya yang disiapkan untuk mudik, sambung Hartopo, juga lebih baik digunakan untuk menguatkan ketahanan ekonomi keluarga. Terlebih di masa pandemi seperti ini tentunya perputaran uang cukup sulit.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...