Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ogah Kecolongan, Gibran Turun Langsung Sekat Pemudik di Simpang Joglo Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memantau kegiatan penyekatan pemudik di Simpang Joglo, Banjarsari, Sabtu (8/5/2021) sore.(Solopos.com/Kurniawan)

MURIANEWS, Solo – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tak ingin kecolongan pemudik dari luar kota. Buktinya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini turun langsung dalam penyekatan pemudik di Simpang Joglo.

Gibran melakukan penyekatan sekitar dua jam bersama petugas. Selama itu, Gibran tak sekali pun duduk. Dia terus berdiri sembari memastikan tidak ada mobil pelat luar Solo yang lolos pemeriksaan petugas.

Sesekali dia bertanya daerah asal pengguna jalan dan daerah tujuannya bepergian. Ayah dari Jan Ethes Srinarendra itu juga beberapa kali mengingatkan pengguna jalan yang tidak memakai masker.

“Hari ini kami pantau penyekatan di Palang Joglo. Kendaraan pelat luar kota kita berhentikan semua, kita lihat hasil swab-nya, kita lihat SIKM-nya,” terang Gibran seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (8/5/2021).

Menurut dia penyekatan merupakan salah satu upaya mencegah lolosnya pemudik dari luar Solo. Selain penyekatan, Gibran mengatakan ada mekanisme pemantauan oleh Satgas Jaga Tangga di tiap kelurahan.

“Kalau masih ada yang lolos penyekatan nanti pasti ketahuan, kepantau oleh Satgas Jaga Tangga,” kata dia.

Gibran tidak menampik kemungkinan lolosnya sejumlah pemudik yang masuk Solo melalui jalur-jalur tikus atau jalur alternatif. Untuk itu Gibran menyatakan akan mengevaluasi mekanisme dan pelaksanaan penyekatan yang sudah berjalan beberapa hari terakhir. Dia berharap masyarakat mematuhi aturan pemerintah untuk tidak mudik guna mencegah penybaran Covid-19.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...