Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Soal Penutupan Wisata di Kudus Saat Lebaran, Bupati: Tunggu Hasil Rapat

Wisata river tubing di Desa Tanjungrejo Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus masih mengkaji dan mengevaluasi soal wacana penutupan tempat wisata di Kota Kretek pada libur Lebaran 2021 nanti. Bupati Kudus HM Hartopo baru akan mengkoordinasikanya dengan dinas terkait pada Senin (10/5/2021).

“Wisata di Kudus hari Senin nanti akan kami rapatkan, apakah nantinya tutup atau buka saat libur Lebaran,” katanya saat ditemui di Kelenteng Hok Hien Bio Kudus, Sabtu (8/5/2021).

Hartopo juga akan melihat dan memantau kondisi pemudik yang sudah memasuki Kudus untuk memutuskan hal tersebut. Jika dirasa jumlah pemudik di Kudus akan terus bertambah signifikan, Hartopo, akan menutup tempat wisata.

“Kalau ternyata banyak kami tutup nanti, ada kajian dulu. Saat ini baru ada sekitar 300an pemudik, kalau itu dianggap tidak berpengaruh bisa juga nanti tempat wisata dibolehkan buka, ” ucapnya.

Baca: Seluruh Objek Wisata di Jepara Dipastikan Tutup Selama Libur Lebaran

Namun Hartopo menegaskan, jika wisata di Kudus diperbolehkan buka maka protokol kesehatan harus berjalan dengan maksimal. Pengelolaan wisata pun, harus menyiapkan satgas untuk berkeliling memastikan protokol kesehatan selalu diindahkan.

“Harus ada satgas di luar dan dalam tempat wisata, sangat perlu adanya filter dari satgas. Itu sangat penting. Kalau bisa juga untuk wisatawan lokal saja, ” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Kudus HM Hartopo menginginkan seluruh objek wisata di Kabupaten Kudus tutup saat libur Lebaran tahun 2021 ini. Mengingat mulai banyak kerumunan yang terjadi di banyak titik di Kabupaten Kudus.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...