Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Klaster Tarawih di Perumahan Sidokerto Pati, 56 Orang Positif Covid-19

Warga Perumahan Sidokerto dilakukan swab rapid antigen. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Setidaknya ada 56 warga Perumahan RSS Sidokerto, Kecamatan PatiKota, Kabupaten Pati yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebagian besar di antara mereka adalah jemaah tarawih Masjid Al-Istiqomah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan, saat ini ada sebanyak 56 orang yang terkonfirmasi positif di perumahan tersebut. Pihaknya pun sudah melakukan tracking terharap warga yang kemungkinan terpapar.

“Hari ini 200-an warga di-rapid test antigen di tiga RT sekitar masjid. Satu RT di luar perumahan RSS dan dua di perumahan RSS,” katanya, Sabtu (8/5/2021).

Sementara Bupati Pati Haryanto mengatakan, mulanya yang positif adalah imam tarawih di masjid setempat. Kebetulan, imamnya saat itu orang tanpa gejala (OTG).

“Awalnya ada satu yang positif, kebetulan dia yang mengimami di sana karena masjidnya ber-AC lalu menularkan kepada jemaah. AC-nya pas di depan tempat imam. Status imam OTG,” ujarnya, Sabtu (8/5/2021).

Pihaknya pun telah melangsungkan langkah preventif dengan melakukan swasb PCR warga perumahan, hingga mensterilkan sejumlah RT Perumahan RSS Sidokerto. Tidak hanya itu, akses keluar masuk Perumahan RSS Sidokerto pun ditutup selama 14 hari, mulai 7-21 Mei 2021.

“Kalalu Sidokerto itu, di masjidnya berkenaan dengan tarawih. Bukan pemudik, tapi tarawih. Sudah kita tracing 2-3 RT. Sudah kita evakuasi di RS, ada pula yang di rumah. Tiga hari kemarin sudah kita tutup, ini ditambah tiga hari lagi penutupan masjidnya,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...