Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Di Tempat Ini Bonsai Bisa Diboyong Pulang dengan Harga Rp 20 Ribu Hingga Rp 5 Juta

Kuswanto menunjukkan bonsai anting putri berukuran sedang dengan harga di bawah Rp 5 juta. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Beragam jenis bonsai dijual di kios tanaman hias milik Kuswanto. Namun, ada satu jenis bonsai yang paling laris.

Toko tanaman yang diberi Warung Tanaman Gondosari itu lokasinya di Jalan Panjang, Lingkar Utara, Desa Singocandi, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Di situ beragam jenis bonsai dijual.

Mulai dari bahan bonsai serut, bahan bonsai kawis batu, bahan bonsai asem, dan bonsai beringin dolar. Lalu ada bahan bonsai santigi, bahan bonsai cemara udang, bahan bonsai beringin kimeng, dan bonsai taman anting putri.

Nama terakhir menjadi andalan yang terdapat Warung Tanaman Gondosari milik Kuswanto. Bahkan terkenal murah.

Betapa tidak, dengan hanya merogoh uang Rp 20 ribu, bahan bonsai anting putri sudah dapat dibawa pulang. “Unggulan di sini bonsai taman anting putri. Unggul murahnya. Soalnya produksi sendiri,” katanya, Sabtu (8/5/2021).

Kuswanto mengatakan, bahan bonsai taman anting putri di tokonya itu memang diproduksi olehnya sendiri. Caranya dengan melakukan stek atau menyambung tanaman mentaos dengan anting putri.

“Batang mentaos beli sendiri. Saya sambung dengan anting putri. Sehingga harganya lebih murah. Paling murah harganya Rp 20 ribu. Paling mahal ukuran yang besar Rp 5 juta,” ujarnya.

Karena terkenal murah, bonsai milik Kuswanto itu saat ini menjadi rujukan bagi penghobi bonsai. Dalam sebulan rata-rata ia bisa menjual sekitar 150-an bonsa.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...