Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Anggota DPRD Grobogan Ditangkap Polisi karena Ganja, Pengakuannya untuk Atasi Insomnia

Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan (kiri) memberikan keterangan pada wartawan soal kasus narkoba angota dewan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Seorang anggota DPRD Grobogan dari Partai Gerindra diamankan pihak kepolisian karena diindikasikan terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Oknum wakil rakyat berinisial FT itu diamankan tanpa perlawanan saat berada di rumahnya.

Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan mengungkapkan, pelaku FT diamankan anggotanya pada Rabu (5/5/2020).

Bersama pelaku, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain, satu bungkus paket warna kuning yang isinya berupa narkotika golongan I jenis ganja dengan berat sekitar 23,69 gram dan satu buah handphone.

“Jadi, pelaku ini membeli ganja secara online dari Jakarta. Barangnya dikirimkan melalui jasa paket pengiriman barang ke alamat pelaku di wilayah Kecamatan Gabus,” jelas Jury saat jumpa pers, Jumat (7/5/2021).

Menurut Jury, dari pemeriksaan yang sudah dilakukan, pelaku sekitar lima bulan lalu sudah pernah membeli ganja juga melalui online. Setelah barang itu habis, pelaku membeli barang lagi.

“Jadi barang bukti yang kita amankan ini merupakan pembelian yang kedua. Untuk pembelian ganja sebelumnya yang dilakukan sekitar lima bulan lalu sudah habis. Barangnya dipakai oleh pelaku sendiri,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaku terpaksa menggunakan barang tersebut untuk mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia yang dialaminya selama ini. Meski demikian, pihaknya masih akan melakukan pendalaman lebih lanjut terkait kasus tersebut.

“Dari pengakuannya, pelaku ini mengalami insomnia. Jadi, barang itu (ganja) digunakan untuk membantu mengatasi masalah insomnia itu. Namun, kita masih terus melakukan pendalaman terhadap keterangan pelaku,” imbuhnya.

Atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal 114 ayat 1 Subsider Pasal 111 ayat (1) UU RI No.35/2009 tentang narkotika.

Sementara itu, Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan dari kepolisian terkait adanya salah satu anggotanya yang ditangkap karena dugaan penyalahgunaan narkoba.

Pemberitahuan itu disampaikan pada Pimpinan DPRD Grobogan serta fraksi yang bersangkutan.

“Terkait masalah itu, kita sudah mendapat laporan dari pihak kepolisian. Kami menghormati proses hukum yang ada,” cetusnya.

Terpisah, Ketua DPD Partai Gerindra Grobogan Sugeng Prasetyo mengatakan pihaknya juga sudah mendapat pemberitahuan terkait diamankannya salah satu anggotanya tersebut oleh pihak kepolisian. Pihaknya, akan menghormati proses hukum yang berlaku dan tidak akan memberikan pendampingan hukum pada yang bersangkutan.

“Kita hormati proses hukum yang sedang berjalan. Untuk langkah selanjunya, kita masih menunggu setelah ada keputusan hukumnya. Selama ini, yang saya tahu, yang bersangkutan memang memiliki gangguan sulit tidur atau insomnia,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...