Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Baznas Jepara Salurkan Ratusan Juta Zakat dari ASN

Penyaluran zakat mal kepada mustahik di Desa Kalianyar, Kecamatan Welahan, Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara menyalurkan zakat mal atau zakat harta kepada masyarakat. Penyaluran zakat mal ini sudah berjalan selama sepekan terakhir.

Kepala Baznas Jepara Solih mengatakan, sejak Senin (3/5/2021) lalu, pihaknya telah menyalurkan zakat sebesar Rp 400 juta. Penyalurannya diberikan kepada mustahik (orang yang berhak menerima zakat) di sejumlah desa di Jepara.

Solih menyebutkan, masing-masing desa dijatah 100 orang mustahik. Tiap-tiap mustahik menerima zakat mal sebesar Rp 200 ribu.

“Total zakat yang sudah kami salurkan senilai Rp 400 juta ke desa-desa,” kata Solih, saat menyalurkan zakat mal di Desa Kalianyar, Kecamatan Kedung Jepara, Jumat (7/5/2021).

Pihaknya menjelaskan, zakat mal yang terkumpul merupakan pungutan gaji seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jepara sebesar 2,5 persen. Tidak hanya ASN, zakat mal tersebut juga dikumpulkan dari kalangan swasta, yang penghasilannya telah mencapai nisab zakat mal.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengungkapkan, zakat mal adalah kewajiban bagi siapapun yang penghasilannya sudah mencapai nisab. Penerapan kebijakan pemungutan zakat dari ASN merupakan upaya untuk menyadarkan mereka akan kewajibannya untuk mengeluarkan zakat mal.

Dengan para ASN menyalurkan zakat mal itu, Andi berharap agar semua kalangan bisa menirunya. Yakni dengan menyisihkan 2,5 persen dari penghasilan selama setahun.

“Saya berharap tahun depan bisa lebih banyak yang berzakat. Kalau bisa tiga kali lipat dari tahun ini. Supaya bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat yang berhak menerima zakat,” tutur Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...