Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sepekan Jelang Lebaran, Harga Daging di Kudus Merangkak Naik

Salah satu pedagang daging di Pasar Bitingan Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Kenaikan sejumlah komoditas pangan sudah mulai terasa sepekan jelang Lebaran di Kabupaten Kudus. Kenaikan harga terlihat pada komuditas daging, baik itu daging ayam maupun daging sapi dan kerbau.

Salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Bitingan Kudus Eni Handayani mengatakan harga daging ayam mulai naik sejak dua pekan lalu. “Sejak dua pekan lalu. Dari yang awalnya Rp 32 ribu per kilogram, sekarang jadi Rp 38 ribu per kilogram,” katanya, Jumat (7/5/2021).

Menurutnya, kenaikan harga seperti ini selalu terjadi. Utamanya menjelang Lebaran. Hal ini berdampak pada penjualannya yang sepi.

“Pembelinya menurun karena harganya kan naik. Ya masih ada yang beli tapi jumlahnya sedikit. Dan mereka yang biasanya beli sekilo jadi beli setengah kilo saja,” terangnya.

Dengan naiknya harga daging ayam ini mempengaruhi pendapatannya. Dia tidak merinci secara detail. Namun, menurutnya pendapatannya menurun hingga 50 persen dalam sebulan.

Kenaikan harga juga terjadi pada daging sapi. Sofi, salah satu pedagang daging di Pasar Bitingan mengatakan haraga daging kerbau sebelumnya berada di Rp 125 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 130 ribu per kilogram.

Sedangkan harga daging sapi yang awalnya Rp 110 ribu, saat ini naik menjadi Rp 120 ribu per kilogram. “Kenaikan sejak dua minggu lalu sampai hari ini. Naiknya itu bertahap seribu seribu gitu,” ujarnya.

Menurut perempuan yang berdomisili di Desa Kaliwungu itu, kenaikan seperti ini biasa terjadi. Utamanya menjelang hari raya Idulfitri.

Sementara itu, Kasi Fasilitasi Perdagangan Dinas Perdagangan Kudus, Teddy Hermawan menyebut, harga daging ayam normal di angka Rp 40 ribu per Kilogram.

Sementara harga daging kerbau dan daging sapi memang sudah tinggi. Bahkan menurutnya untuk harga daging kerbau mencapai Rp 130 ribu untuk kualitas bagus.

“Kalau naik saya rasa tidak. Tapi harga daging kerbau memang sudah tinggi. Harga kerbau hidup juga saat ini sudah tinggi. Kalau ukuran sedang saja Rp 25 juta,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...