Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Satu Perusahaan Tekstil di Kudus Cicil THR Sampai Lima Kali

Ilustrasi. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Ketenagakerjaan Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kabupaten Kudus mencatat ada satu perusahaan di Kudus yang membayar tunjangan hari raya (THR) Idulfitri 2021 secara bertahap kepada karyawanya.

Satu perusahaan tersebut yakni perusahaan tekstil yang bisa terbilang cukup besar.

Kabid Hubungan Industri dan Perselisihan Tenaga Kerja Disnakerperinkop dan UKM Kudus Agus Juanto mengatakan, dari total 819 perusahaan di Kudus, hanya satu perusahaan teksti yang melaporkan mencicil THR karyawanya. Hal tersebut diambil lantaran masih terdampak pandemi.

“Tahun ini satu perusahaan tekstil itu yang cicil THR. Kalau tahun 2020 kemarin ada beberapa perusahaan, ” katanya, Jumat (7/5/2021).

Perusahaan tekstil itu, akan membayarkan THR Idulfitri 2021 hingga lima kali pembayaran. “Pembayarannya dicicil secara lima kali, saat ini 20 persen. Terus bulan depan pas gajian 20 persen, dan seterusnya sampai selesai 100 persen,” uucapnya

Pembayaran THR yang bertahap itu, lanjut Agus, sudah sesuai kesepakatan antara perusahaan dengan serikat pekerjaan atau buruh. Sementara jumlah pekerja di perusahaan tersebut ada 784 orang.

“Itu sudah sepakatan bersama antara perusahaan dengan serikat pekerja. Jumlah pekerjanya ada 784 pekerja, 289 pekerja laki-laki dan 545 pekerja perempuan, ” imbuhnya.

Sementara perusahaan lain di Kudus sudah membayarkan THR kepada pekerjanya. Pembayarannya pun ada yang lebih dulu dan ada yang tepat dengan batas waktu yang ditentukan.

“Yang lain normal, yang kemarin ada beberapa yang terdampak ini sudah sanggup bayar THR sekaligus. Dan perusahaan rokok tahun ini aman, malah ada yang lebih awal bayar THR nya, ” pungkasnya.

 

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...