Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemerintah Resmi Melarang Mudik Lokal, Salah Satunya di Purwodadi

Petugas memeriksa penumpang bus yang masuk ke Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah secara resmi melarang mudik lokal di kawasan aglomerasi. Satu kawasan aglomerasi tersebut beberapa wilayah di Jawa Tengah, yakni Semarang, Kendal, Ungaran, Purwodadi serta Solo Raya

Satgas Covid-19 menegaskan larangan mudik lokal atau di kawasan aglomerasi tersebut sebagai bentuk upaya mencegah penularan Covid-19.

“Untuk memecah kebingungan masyarakat terkait mudik lokal di wilayah aglomerasi saya tegaskan bahwa pemerintah melarang apa pun bentuk mudik, baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi, dengan urgensi mencegah dengan maksimal interaksi fisik sebagai cara transmisi virus dari satu orang ke orang lain,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers seperti dikutip Solopos.com, Kamis (6/5/2021).

Wiku meminta masyarakat tidak khawatir mengenai pelarangan tersebut. Kegiatan di sektor-sektor esensial tetap beroperasi.

“Namun perlu ditekankan bahwa kegiatan lain selain kegiatan mudik di dalam satu wilayah kota/kabupaten aglomerasi, khususnya di sektor-sektor esensial, akan tetap beroperasi tanpa penyekatan apa pun demi melancarkan kegiatan sosial ekonomi daerah,” ujar dia.

Berikut ini sejumlah kawasan aglomerasi di Indonesia:

– Makassar, Sungguminasa, Takalar dan Maros
– Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo
– Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan
– Bandung Raya
– Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi
– Semarang, Kendal, Ungaran dan Purwodadi
– Yogyakarta Raya
– Solo Raya

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...