Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nama Bupati Kudus Dicatut untuk Penggalangan Dana Ponpes, Hartopo: Hoaks

Bupati Kudus HM Hartopo. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Nama Bupati Kudus HM Hartopo dicatut oknum tak bertanggung jawab untuk meminta sejumlah keterangan pondok-pondok pesantren di Kabupaten Kudus dengan alasan penggalangan dana.

Pencatutan nama tersebut terjadi di aplikasi media sosial WhatsApp kepada seorang pengasuh salah satu pondok di Kudus.

Pesan dengan mengatasnamakan Bupati Hartopo tersebut berbunyi “Baik pak saya bapak dr Hartopo selaku Bupati Kudus. saya di bulan suci ini ingin menggalang donasi berupa uang ke berbaga yayasan dan pondok pesantren, apa benar ini dengan pengurus pondok pak,”.

Usai menanyakan hal tersebut, pesan kemudian berlanjut dan isinya adalah “Baik Pak Nuryadi, boleh saya minta foto-foto kegiatan pondok dan rekening pondok bapak,”

Tangkapan layar pencatutana nama bupati Kudus untuk penipuan. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Bupati Kudus HM Hartopo ketika dikonfirmasi merasa tidak pernah mengirimkan pesan singkat tersebut. Kejadian seperti ini pun baru pertama kali dialaminya.

“Itu jelas hoaks, ini pertama kalinya mencatut nama saya, kalau bawa-bawa nama saya untuk minta proyek sudah sering,” gurau Hartopo ketika ditemui awak media, Kamis (6/5/2021).

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak asal percaya apabila mendapat pesan singkat yang mengatas namakan dia. Pun dengan pesan-pesan singkat lain yang mengtas namakan pimpinan daerah Kudus lainnya. “Jangan terlalu percaya dan jangan mudah percaya,” jelasnya.

Sementara untuk langkah hukum, pihaknya tidak akan melaporkan pencatutan namanya ini. Hanya memang diinformasikan ke publik jika itu bukanlah dirinya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...