Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Istimewanya Pospam Lebaran dari Sukun Ini, Disediakan WiFi Hingga Ruang Video Conference

Posko Pengamanan dan Pelayanan Terpadu yang didirikan PR Sukun di Alun-Alun kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Lebaran tahun 2021 ini pemerintah memberlakukan larangan mudik, lantaran pandemi yang hingga kini belum juga usai. Upaya untuk menyukseskan larangan ini dilakukan dengan pendirian pos-pos pengamanan (pospam) dalam Operasi Ketupat Candi 2021.

Hampir setiap kepolisian daerah mendirikan pos-pos tersebut, seperti di Kabupaten Kudus. Di mana ada tiga pospam di kabupaten ini cukup istimewa. Pospam terpadu ini didirikan dari hasil kerjama sama dengan PR Sukun.

Pospam tersebut terbilang mewah dan sangat nyaman memfasilitasi petugas gabungan yang berjaga. Memiliki memiliki desain yang cukup unik, berwarna biru-putih dengan atap bak kubah-kubah masjid, pun menambah ciamik dan suasana Lebaran pun makin melekat di pos-pos tersebut.

Pos-pos pengamanan tersebut pun memiliki fasilitas yang lengkap dan membuat petugas yang berjaga pun merasa nyaman saat bertugas.

Salah satunya di Posko Pengamanan dan Pelayanan Terpadu yang ada di jantung Kota Kretek atau Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus. Pospam ini memiliki akses WiFi.

Ruangan Utama Posko Pelayanan Terpadu di Alun-Alun Kudus dengan fasilitas lengkap. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Ruangan utama memiliki ruang yang paling luas terdapat dua set sofa,sejumlah kursi, empat meja, empat pendingin ruangan, lemari pendingin,  dua monitor besar yang digunakan memantau arus lalu lintas dari CCTV.

Di ruangan video conference juga terdapat empat pendingin ruangan, sejumlah kursi dan meja serta rak barang.  Ada juga ruangan istirahat, yang juga memiliki empat pendingin ruangan, dua tempat tidur portable yang bisa digunakan untuk masyarakat beristirahat dalam kondisi darurat atau dalam perjalanan.

Sarana prasarana protokol kesehatannya pun sangat lengkap. Mulai dari tempat cuci tangan dengan sabun, handsanitizer di sejumlah sudut ruangan, hingga gerbang sterilisasi pengunjung.

Kepala Pos Pengamanan dan Pelayanan Terpadu Iptu Upoyo sangat berterima kasih kepada PR Sukun sudah menyediakan pos dengan fasilitas lengkap dan nyaman. Dirinya sebagai kepala pos merasa bangga bisa menempati pos pengamanan yang nyaman tersebut.

“Dengan posko ini masyarakat akan merasa lebih nyaman. Begitu juga dengan petugas gabungan yang bertugas akan lebih semangat dalam menjalankan tugasnya,” katanya, Kamis (6/5/2021).

Dalam posko pengamanan dan pelayanan terpadu, ada 25 petugas gabungan yang terlibat. Mereka berasal dari Polres Kudus, Kodim 0722/Kudus, Dinas Perhubungan Kudus, Dinas Kesehatan Kudus, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, dan RAPI.

“Kami akan bertugas 24 jam. Satu sif ada 25 personel gabungan yang berjaga di setiap pos. Dan ada juga personel Polres Kudus yang bertugas mobile di lapangan, totalnya ada ratusan,” ungkapnya

Sementara petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus W Aminah mengaku sangat merasa nyaman bertugas di Pos Pengamanan dan Pelayanan Terpadu yang didirikan PR Sukun.

“Tempatnya sangat bagus, nyaman banget jadi tugas jaga di sini itu betah. Dari DKK Kudus ada dua petugas medis dan satu supir ambulan yang berjaga disini,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...