Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Terminal di Jepara Tak Ditutup Total Selama Pelarangan Mudik

Kondisi Terminal Jepara hari pertama penerapan kebijakan larangan mudik. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara memutuskan tidak ditutup total selama pelarangan mudik.

Dari pantauan Murianews, Kamis (6/5/2021) siang ini Terminal Jepara hanya terdapat satu bus antarkabupaten antarprovinsi (AKAP) yang terparkir.  Selain itu, dua bus AKDP jurusan Jepara-Pati tengah parkir menunggu penumpang.

Sementara di jalur AKDP Jepara-Semarang tak ada bus. Loket penjualan tiket bus AKAP sebagian besar juga tutup.

Sedangkan, di Terminal Pecangaan, terpantau tak ada bus AKAP dan hanya ada satu bus trayek dalam kabupaten. Serta hanya ada empat angkutan umum.

Kepala Dishub Jepara Trisno Santoso mengatakan, terminal di Jepara memang tak ditutup total. Namun, angkutan umum yang diizinkan masuk terminal hanya untuk angkutan bertanda khusus dan angkutan umum dalam kota.

“Bus dan angkutan umum dalam kota masih diizinkan beroperasi. Namun, bus AKAP dan AKDP tidak kita diizinkan jalan,” katanya.

Pihaknya mengungkapkan, angkutan lain yang diizinkan beroperasi adalah kendaraan yang memiliki tanda khusus berupa stiker dari Kementerian Perhubungan. Namun begitu, pihaknya tidak mengetahui secara persis berapa jumlah angkutan yang memiliki tanda khusus tersebut.

Saat ini, kata Trisno, masih menunggu laporan Organisasi Angkutan Darat (Organda) terkait jumlah kendaraan yang berstiker khusus tersebut.

“Jadi terminal memang tidak kami tutup sepenuhnya karena angkutan untuk kepentingan ekonomi juga masih jalan. Yang tidak boleh kan mudik, kalau untuk ke pasar atau keperluan belanja kan, masih boleh,” pungkasnya.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...