Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Piton Empat Meter Ditangkap Saat Nyelinap di Kandang Warga Jekulo Kudus

Piton sepanjang empat meter yang masuk ke kandang ayam warga di Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Ular piton berukuran cukup besar masuk ke permukiman  warga di Desa Hadipolom Kecamatan Jekulo, Kudus, Rabu (5/5/201). Piton yang memiliki panjang empat meter tersebut ditangkap saat menyelinap di kandang ayam salah seorang warga setempat.

Relawan BPBD Kudus Edi Yulianto mengatakan, piton tersebut masuk ke kandang ayam milik Nur Kholis, Warga Desa Hadipolo. Pemilik rumah yang melihat keberadaan ular tersebut khawatir dan meminta bantuan kepada BPBD Kudus.

“Ularnya cukup panjang, sekitar empat meter. Sekitar 01.30 WIB malam tadi di dalam kandang ayam Pak Nur Kholis . Setelah itu saya bersama tim (Relawan BPBD Animal Rescue Kudus) datang ke lokasi untuk menangkap dan mengamankan ular tersebut, ” katanya saat dihubungi melalui telepon, Rabu (5/5/2021) siang.

Menurutnya, beberapa hari sebelumnya warga sering kehilangan ternak ayam, namun ular yang memangsa belum juga diketahui. Saat mengevakuasi ular tersebut, ia mengaku tidak merasa kesulitan lantaran  sudah terbiasa melakukan evakuasi ular.

“Sebelum ditemukan itu sering hilang ayam warga, ada 23 ayam yang hilang. Tapi waktu tadi itu belum sempat memakan ayam sudah kami amankan. Sudah biasa nangani ular, jadi ya tidak kesulitan, ” ucapnya.

Baca: Piton Empat Meter Masuk Permukiman di Kudus, Sempat Memangsa Satu Entok

Saat ini ular piton tersebut sudah diamankan dan akan dirawat terlebih dahulu sebelum dilepaskan ke habitatnya.

” Ini biasanya kami kami rawat dulu. Karena ular itu pasti stres, nunggu pulih dulu baru nanti dilepaskan ke tempat yang jauh dari permukiman warga, ” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...