Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Awasi Stok Komoditas Pokok, Kudus Luncurkan Basis Data Ketahanan Pangan

Jajaran DPP Kudus melaunching aplikasi Sikepangdua. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kudus meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Ketahanan Pangan Data Satu untuk Semua (Sikepangdua). Aplikasi ini untuk mengawasi stok sebelas komoditas pokok di Kabupaten Kudus.

Sebelas komoditas pokok tersebut yakni, beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai merah, daging ayam, minyak goreng, gula merah, gula pasir, kedelai, dan telur ayam.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Catur Sulistiyanto menjelaskan, data sebelas komoditas tersebut, meliputi jumlah ketersediaan stok hingga harga terkini komoditas tersebut.

“Memang bisa masuk ke ranah Dinas Perdagangan, namun kami juga berperan dalam hal ini,” ucap Catur usai peluncuran di aula DPP Kudus, Rabu (5/5/2021).

Dengan adanya sistem tersebut, Catur berharap data stok pangan di Kabupaten Kudus bisa lebih tertata dan teratur. Sehingga ketika membutuhkan data yang valid, maka pihak dinas bisa menyediakan.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPP Kudus Ari Mulyani Mustikaningtyas merincikan, data yang masuk berasal dari berbagai sumber. Mulai dari Dinas Perdagangan, bidang-bidang di Dinas Pertanian dan Pangan, hingga dari para produsen di lapangan.

Data tersebut, kemudian diolah dan disatukan. Pembaharuan data sendiri, dilakukan sekali dalam sepekan. “Sehingga bisa terus update dari waktu ke waktu,” ucap dia.

Untuk ke depan sendiri, pihaknya akan terus mengembangkan aplikasi sistem informasi tersebut. Yakni dengan menambah jumlah komoditas yang tercakup di basis data.

“Ke depan secara perlahan jumlah komoditas yang tercover di aplikasi tersebut bisa bertambah lagi,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...