Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Percepat Penanganan Lakalantas Saat Lebaran, Polres Pati Bentuk Satgas Quick Respon

Tim Satgas Quick Respon saat foto bersama di halaman Stadion Joyokusumo Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebagai upaya untuk mempercepat penanganan kecelakaan lalu lintas (Laka lantas) saat mudik Lebaran ini, Polres Pati membentuk Satuan Tugas (Satgas) Quick Respon. Pembentukan ini sekaligus untuk memperketat Operasi Ketupat Candi 2021.

Kasat Lantas Polres Pati AKP Maulana Ozar mengatakan, pembentukan Satgas Quick Respon ini sangat penting, apalagi menjelang Lebaran seperti ini. Selain itu, pembentukan satgas ini juga sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1041/IV/KEP/2020 tanggal 31 Maret 2020 tentang Standar Penanganan Korban Laka sebagai antisipasi penularan Covid-19.

“Satgas ini dibentuk adalah untuk pennaganan laka lantas dengan cepat dan tepat, sehingga dapat mengurangi fatalitas korban dan penularan Covid-19,” katanya.

Sementara Kanit Laka Lantas Polres Pati Iptu Inung Hesti Yugastanto mengatakan, laka lantas yang terjadi di wilayah Pati merupakan tanggung jawab bersama petugas kepolisian, mulai dari mencegah hingga penanganan pascaterjadinya laka lantas.

Karena itu, dengan adanya peningkatan jumlah arus lalu-lintas menjelang Lebaran pada saat Operasi Ketupat Candi 2021, pembentukan Satgas Quick Respon ini dinilai sangat tepat. Setidaknya nanti dapat mengurangi jumlah kejadian laka lantas dan fatalitas korban.

Dirinya berharap kepada seluruh instansi yang tergabung dalam Satgas Quick Respon Laka Lantas Polres Pati, agar mempersiapkan personel maupun sarana prasarana yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan penanganan laka lantas yang mungkin terjadi.

“Kami mohon dengan dibentuknya Satgas Quick Respon kita dapat bersinergi dalam hal penanganan laka lantas saat Operasi Ketupat Candi tahun ini, bahkan bisa berlanjut sampai setelah Operasi ini selesai,” tandasnya.

Sedangkan untuk instansi yamg tergabung dalam Satgas Quick Respon ini adalah dari Polres Pati, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan (Diskub), Damkar, Derek Benglap Alugoro Pati dan RS Mitra Bangsa.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...