Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Tolak Gaji dan THR Dicicil, Ribuan Karyawan PT Pan Brothers Boyolali Demo

Pekerja PT Pan Brothers Boyolali berunjuk rasa di depan pabrik, Rabu (5/5/2021). (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

MURIANEWS, Boyolali – Rencana PT Pan Brothers, TBK, untuk mencicil gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) mendapat penolakan dari ribuan buruh perusahaan setempat.

Ribuan buruh itu pun langsung mogok kerja dan menggelar demo dengan memenuhi jalan depan pabrik untuk menyuarakan aspirasinya. Mereka meminta gaji dan THR diberikan penuh dan tak ada cicil mencicil.

Hal itu dilakukan setelah mereka mendapatkan informasi jika gaji mereka bulan ini akan dicicil dua kali. Selain itu pemberian THR tahun ini juga akan dicicil delapan kali.

“Setelah [mendengar] itu para pekerja tidak terima. Kami kerja tetap jalan, lembur jalan. Kenapa kebijakannya seperti ini. Baru tadi pagi kami mendapat informasi. Kemudian semua keluar [berunjuk rasa],” kata di salah satu pekerja PT Pan Brothers yang tidak mau disebut namanya seperti dikutip Solopos.com, Rabu (5/5/2021).

Karyawan lain yang juga tidak mau disebut namanya mengatakan jika ditotal, jumlah gaji, THR dan uang lembur yang harus diterima pegawai rata-rata Rp 5 juta per orang.

“Harusnya hari ini setiap tanggal 5, gaji dibayarkan. Tapi tadi diumumkan akan dibayar dua kali, tanggal 5 dan tanggal 10. THR juga dicicil delapan kali. Aturan pemerintah sudah jelas dibayarkan sekali,” jelas dia.

Para pekerja pabrik mulai berhamburan memenuhi jalan Mojosongo-Teras sejak pukul 11.00 WIB. Hingga pukul 13.11 WIB, para pekerja masih memenuhi jalan dan halaman pabrik.

Mereka masih menunggu keterangan dari pihak manajemen. “Kalau tidak ada kejelasan, ya besok paling mogok kerja,” timpal pekerja lainnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...