Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sidak Pasar, Bupati Jepara Pastikan Tak Ada Makanan Berbahaya

Bupati Jepara melakukan sidak di Pasar Jepara II pagi tadi. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Sepekan sebelum Lebaran Idulfitri, Bupati Jepara Dian Kristiandi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tiga pasar. Pada sidak itu, bupati memastikan tidak ada makanan yang mengandung zat berbahaya bagi kesehatan.

Andi mengungkapkan, setelah melakukan pengecekan langsung, pihaknya tidak menemukan ada kejanggalan pada daging atau kebutuhan pangan lainnya, yang mengandung zat berbahaya.

“Semuanya bagus. Ayam dan daging sempat saya pegang. Kondisinya masih bagus. Warna merah daging juga segar. Artinya bukan karena sesuatu pewarnaan. Masih bagus dan sehat semua,” jelas Andi, Rabu (5/5/2021).

Tidak hanya mengecek kondisi pangan, Andi juga mengecek kondisi harga kebutuhan pokok. Dari Pasar Bangsri, Mlonggo, dan Jepara II, dirinya tidak melihat adanya lonjakan harga yang signifikan.

Hanya beberapa komoditas saja yang mengalami kenaikan harga. Seperti daging ayam, kenaikannya hanya Rp 2-3 ribu per kilogram. Sedangkan, untuk minyak goreng, kenaikan per kilogramnya hanya Rp 500. Sementara itu, harga cabai hanya naik Rp 1 ribu.

“Harga-harga masih aman. Belum ada lonjakan. Hanya beberapa (komditas) saja yang naik,” ujar Andi.

Terkait dengan stok pangan, pihaknya memastikan masih aman. Untuk itu, Andi belum berkeinginan untuk menambah stok dari luar daerah.

Nur Asiah, salah satu pedagang sembako di Pasar Jepara II, mengaku belum mengalami kenaikan harga beli sembako. Tingkat pembelian juga masih stabil. Sehingga, dirinya belum menambah stok dagangan.

“Jumlah pembeli masih belum melonjak. Tapi tidak tahu kalau nanti mendekati lebaran ada peningkatan,” kata dia.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...