Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Hindari Kerumunan, Kemenag Kudus Imbau Pembagian Zakat Pakai Sistem Sif

Kepala Kantor Kemenag Kudus Akhmad Mundakir. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus mengimbau proses penyaluran zakat fitrag bisa lebih diatur agar tidak memicu kerumunan. Hal tersebut guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

Kepala Kantor Kemenag Kudus Akhmad Mundakir menagatakan, pembagian zakat fitrah bisa mulai diberikan semenjak 1 Ramadan, namun waktu yang paling baik yakni di akhir Ramadan atau menjelang Lebaran.  Penyerahanya pun juga baiknya diserahkan langsung kepada yang bersangkutan.

“Yang paling bagus penyaluran zakat bisa langsung diserahkan yang berhak atau membutuhkan dalam hal ini seperti fakir miskin,” katanya, Selasa (4/5/2021).

Pihaknya pun meminta agar saat pembagian zakat fitrah tidak terjadi kerumunan. Pihaknya pun mengimbau panitia atau takmir masjid dan musala bisa mengatur pembagian zakat fitrah dengan pembagian sif atau secara bergantian, protokol kesehatan pun juga harus diperketat.

“Jangan sampai berkerumun, teknis pembagian bisa pakai sif. Pembagian per jam atau setiap harinya, untuk mengurangi menumpuknya penerima zakat. Semua yang datang juga harus bermasker dan menjalankan prokes dengan ketat,” jelasnya.

Baca: Kemenag Kudus Imbau Khotbah Idulfitri Tidak Terlalu Lama

Akan lebih baik, lanjut dia jika pembagiannya bisa langsung door to door. Namun, hal tersebut jika dirasa memungkinkan baik tenaga ataupun waktunya.

“Sebenarnya kalau bisa door to door lebih bagus, tapi kalau tidak memungkinkan tidak usah asal prokes harus tetap disiplin. Selama ini sudah ada yang door to door tapi memang tidak semua, ” ucapnya.

Pihaknya juga akan bekerja sama dengan jajaran Kemenag Kudus untuk memantau pelaksanaan pembagian zakat fitrah.

“Kami akan bersama dengan penyuluh agama untuk memantau, untuk memastikan protokol kesehatan berjalan, ” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...