Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Wanita Tangguh di Blora Ini Sukes dari Jeruk Siam Madu yang Berbuah Tak Kenal Musim

Sulastri, menunjukkan buah jeruk siam madu yang ditanamnya. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Di tengah pandemi Covid-19 yang menghantam tanah air bahkan hampir seluruh dunia, justru hal ini membawa berkah tersendiri bagi petani jeruk siam madu asal Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Apalagi pohon jeruknya cukup istimewa, lantaran selalu berbuah tak kenal musim.

Sulastri (44) seorang wanita yang selama tiga tahun bergelut di tanaman jeruk siam madu kini sudah bisa menikmati hasil panennya.

“Saya menanam jeruk siam madu sudah tiga tahun ini, dan tahun pertama di usia 8 bulan saya sudah merasakan hasil panennya,” katanya, Selasa (4/5/2021).

Memasuki tahun kedua dan ketiga ini,  dirinya mengaku hampir tiap bulan bisa memanen jeruk berjenis siam madu tersebut. Bahkan dirinya mengaku tidak pernah merawat jeruknya secara khusus.

“Kalau biasanya panen jeruk kan enam bulan sekali, tapi saya bingung jeruk saya ini setelah panen habis, pohonnya lagsung berbuah lagi dan enggak ada berhentinya,” ujarnya. 

Jika biasanya saat memasuki musim panen selalu diikuti dengan turunnya harga di tingkat petani, namun tidak demikian dengan petani jeruk siam madu yang dialami Sulastri saat ini. 

Setiap panen dirinya mendapatkan hasil panen yang sangat bagus, harga jualnya pun di tingkat petani tetap stabil. Bahkan dirinya mengaku kewalahan melayani permintaan pasar yang tinggi. 

“Kalau harganya alhamdullilah selalu bagus, per kilogram kalau metik sendiri harganya Rp 15 ribu dan kalau beli yang sudah petikan Rp 13 ribu,” katanya.

Sulastri berharap, ke depan pemerintah desa setempat maupun daerah bisa ikut membantu dan mendukung agar kebun jeruknya bisa digunakan warga sebagai salah satu tempat wisata pertanian.

Perlu diketahui, wanita tangguh petani jeruk siam madu ini mempunyai pohon jeruk sekitar 400 pohon yang ditanam di lahan 1,5 hektare yang terletak di Desa Tempellemahbang. Lokasi kebunnya sendiri tak jauh dengan Kantor Balai Desa Tempellemahbang. 

 

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...