Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Gudang Gas Elpiji Oplosan di Grobogan Digerebek Polisi

Anggota Satreskrim Polres Grobogan mengamankan barang bukti di lokasi pengoplosan gas elpiji. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan  – Sebuah gudang yang diindikasikan sebagai tempat pengoplosan gas elpiji digerebek anggota Satreskrim Polres Grobogan, belum lama ini. Lokasi gudang gas elpiji oplosan ini berada di Desa Karanganyar, Kacamatan Purwodadi.

Saat penggerebekan itu, polisi mendapati 150 unit tabung gas elpiji kemasan 3 kg (subsidi) yang isinya telah dipindahkan ke tabung gas non subsidi  ukuran 5,5 kg dan 12 kg dan sejumlah alat bukti lainnya.

Kanit Tipidter Satreskrim Polres Grobogan Iptu Cipto Dwi Laksana mengatakan, pihaknya juga mengamankan alat pemindah gas, ratusan tabung 3 kg dan 12 kg, serta segel gas.

Di samping itu,  pihaknya juga mengamankan pemilik gudang dan sejumlah karyawannya untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

‘’Pelaku melakukan perbuatannya agar mendapatkan keuntungan yang berlipat. Pengoplosan ini mulai dilakukan sejak mendapatkan penambahan kuota gas elpiji bersubsidi. Awalnya dapat 80 tabung dan tambah menjadi 130 tabung,” katanya pada wartawan, Selasa (4/5/2021).

Ia menjelaskan, penindakan itu dilakukan setelah pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat adanya praktik pengoplosan gas elpiji.

Laporan itu kemudian ditindak lanjuti dengan melaksanakan  penyelidikan ke beberapa agen yang dicurigai melakukan kecurangan.

Salah satunya adalah agen elpiji di Desa Karanganyar, Kecamatan Purwodadi tersebut. Saat didatangi, ditemukan aktifitas pemindahan gas kemasan 3 kg ke tabung 12 kg.

Cipto menambahkan, dari pengakuan pelaku, praktik tersebut dilakukan sejak awal 2020. Hasil pengoplosan gas itu kemudian dijual ke warung makan dan toko-toko secara eceran.

”Atas perbuatannya, pelaku dikenai pasal 62 ayat 1, pasal 8 ayat 1 huruf C UU Nomor 8/ 1999 dan Pasal 32 ayat 2 juncto Pasal 30 UU RI Nomor 2/1981,” ungkapnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...