Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Gendhis Multi Manis Blora Target Giling 400 Ribu Ton Tebu dari Petani

Proses giling tebu di Pt GMM Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – PT Gendhis Multi Manis (GMM)Tinapan, Blora menargetkan menggiling 400 ribu ton tebu dari para petani di wilayah Blora dan sekitarnya. Tiap hari, perusahaan ini mampu menampung ratusan truk tebu dari petani.

“Saat ini masih melakukan giling, hingga awal bulan ini sudah 40.000 ton, dan perhari rata rata 2.500 ton tebu,” kata General Manager Operasional PT GMM Hasbullah, Selasa (4/5/2021).

Menurutnya setidaknya hingga saat ini setiap harinya ada 350 truk pengangkut tebu datang ke pabrik untuk menyetorkan tebu para petani. Ia menyebut, sebetulnyta kapasitas produksi PT GMM bisa mencapai 4 ribu ton per hari.

Namun saat ini hanya bisa dimaksimalkan 2.500 ton lantaran ada kerusakan mesin boiler.  Meskipun demikian, lanjut Hasbullah, pihaknya tetap yakin tahun ini target 400.000 ton giling tebu bisa tercapai.

“Giling tahun ini sampai September. Meski ada kerusakan salah satu mesin, kami optimis bisa tercapai,” ujarnya.

Sementara itu General Manager SDM PT GMM Ihsan menyebut, luasan lahan petani tebu di Blora saat ini bertambah. Penambahan luas lahan ini tentu menandakan minat masyarakat bertani tebu juga meningkat.

“Masyarakat Blora saat ini banyak yang lari bertanam tebu penambahan lahan ada kurang lebih 500 hektare,” jelasnya.

Pihaknya berharap dengan adanya penambahan lahan ini juga bisa menjadikan penambahan perekonomian masyarakat.

Kontributor Blora
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...