Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pengiriman Barang via Pos di Kudus Naik 25 Persen Jelang Lebaran, Tiap Hari Bisa 800-an Paket

Pengiriman paket di Kantor Pos Cabang Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Menjelang Lebaran 2021, pengiriman paket melalui Kantor Pos di Kudus meningkat. Peningkatannya, sekitar 25 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Kepala Kantor Pos Cabang Kudus Nurcahya Budi mengatakan, tren kenaikan pengiriman paket barang terlihat mulai pekan kedua Ramadan. Setiap harinya, ratusan paket barang diterima, baik melalui loket Kantor Pos, agen, ataupun Oranger (Mitra Pos).

“Satu hari, rata-rata di loket (Kantor Pos Kudus) 200-300 paket, belum di cabang, atau oranger. Itu total bisa kisaran bisa sekitar 800-an paket. Jumlah itu sudah meningkat 25 persen dari hari normal biasanya, ” katanya saat ditemui di Kantor Pos Kudus, Senin (3/5/2021).

Lebih lanjut, ia menyatakan paket- paket tersebut dikirimkan setiap harinya mulai pagi hari, menuju ke alamat masing-masing penerima. “Setiap pagi pasti gudang sudah penuh dengan barang paketan,” ucapnya.

Ia menyebut, pengiriman paket kebanyakan berasal dari jual beli online yang mengirimkan sejumlah barang-barang. Seperti barang-barang konveksi, parcel, dan sejumlah barang lain.

Sedangkan, untuk pengiriman dokumen saat ini cukup jarang, “Kalau surat-surat sudah jarang. Kebanyakan barang online, ada juga makanan ringan, ” ucapnya.

Meski demikian, nilai transaksi di Kantor Pos Cabang Kudus mengalami penurunan. Di tahun 2019 nilai transaksi bisa mencapai sekitar Rp 28 miliar, dan di tahun 2020 mencapai Rp 17 miliar.

“Pada 2019 memang tinggi karena ada pemilu. Ini kalau dibanding 2020 itu menurun yang nilai transaksinya bisa Rp 17 miliar, ini rekapan tiga bulan 2021 saja nilai transaksinya baru 2,6 miliar, ” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...