Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Operator Penyeberangan Jepara-Karimunjawa Pilih Tak Tambah Pelayaran Meski Diizinkan Bupati

Para penumpang berada di dalam Kapal Express Bahari dari Dermaga Pantai Kartini. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Sepuluh hari jelang Lebaran Idul Fitri, pemilik kapal penyeberangan Jepara-Karimunjawa tak berani menambah jadwal pelayaran. Padahal, sebelumnya Bupati Jepara Dian Kristiandi mengizinkan jika ingin menambah jadwal penyeberangan.

Kepala Cabang Kapal Express Bahari Jepara Jefri mengungkapkan, sampai saat ini belum ada tanda-tanda lonjakan penumpang menuju Pulau Karimunjawa. Sehingga, pihaknya belum berkeinginan untuk menambah jadwal pelayaran khusus untuk Lebaran kali ini.

“Sepertinya tidak (pengajuan tambahan jadwal penyeberangan). Karena tidak ada lonjakan,” terang Jefri.

Ditanya soal pemudik, Jefri mengaku tidak mendata secara detail. Untuk hari ini misalnya, ada sejumlah santri yang pulang kampung menuju Karimunjawa.

“Kalau warga Karimun dibilang mudik ya enggak mudik. Soalnya mereka memang hampir tiap Minggu bolak balik Jepara-Karimunjawa dan sebaliknya,” kata Jefri, Senin (3/5/2021).

Jefri menjelaskan, sampai saat ini jumlah penumpang kapal masih dibatasi. Yakni hanya 50 persen dari kapasitas atau hanya 248 penumpang saja. Untuk jadwal keberangkatan dan kepulangan kapal pun masih sesuai jadwal seperti semula.

Terpisah, Suroto, Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara, juga mengatakan bahwa jumlah penumpang kapal belum mengalami lonjakan. Untuk itu, pihaknya belum menerima permintaan penambahan jadwal pelayaran.

“Kalau mau minta tambahan jadwal silahkan. Tapi melihat kondisi penumpang sampai hari ini kan, masih belum ada lonjakan. Masih standar,” kata Suroto.

Tidak hanya itu, lanjut Suroto, jumlah pelaku wisata ke Karimunjawa juga masih belum meningkat. Pada liburan nanti, objek wisata di sana tetap akan dibuka. Namun jumlah pengunjungnya tetap dibatasi.

Pihaknya menambahkan, untuk pasokan kebutuhan pangan masyarakat, distribusi melalui Kapal Siginjai juga terpantau lancar. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan selama Lebaran, stok pangan aman.

Baca: Wisata Karimunjawa Tetap Buka Saat Lebaran, Trip Kapal Bisa Ditambah

Sebelumnya Bupati Jepara Dian Kristiandi, juga menyatakan wisata di Pulau Karimunjawa tetap dibuka selama liburan Lebaran. Diketahui, dari sekian objek wisata yang dimiliki pemerintah daerah, hanya Karimunjawa yang sudah buka di masa pandemi ini.

“Masih sama seperti dulu. Kalau mau ke sana (Karimunjawa) ya, ke sana. Tapi dengan pembatasan. Jadi tidak terus ada larangan,” ujar Dian, Senin (26/4/2021.

Bahkan, untuk memastikan protokol kesehatan dilaksanakan, Andi meminta perusahaan kapal penyeberangan menambah jadwal pelayaran.

Selain itu, penambahan jadwal juga bisa mengakomodir wisatawan dari dalam dan luar daerah Kota Ukir.  “Jasa penyebrangan kalau ada penambahan pelayaran malah lebih bagus,”pungkas Dian.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...