Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pencari Kartu Kuning di Kudus Menurun Selama Ramadan

Warga menunjukkan AK1 di Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pencari kartu AK1 di Kabupaten Kudus selama Ramadan tak seramai seperti hari biasanya. Saat ini peminat dalam sehari hanya sepuluh hingga 15 orang saja.

Kartu AK1 atau surat pencari kerja yang juga dikenal dengan nama kartu kuning dibuat dengan tujuan untuk mencari kerja.

Padan hari biasa atau tidak saat Ramadan, jumlah pembuat kartu AK1 bisa mencapai 40 hingga 50 orang dalam sehari.

Evita Dewi, Kasi Informasi Pasar Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (IPK-PTKDN) Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM Kabupaten Kudus mengatakan, bisanya pencari kartu kuning akan naik setelah Lebaran.

“Karena saat Ramadan ini lowongan kerja memang sepi. Biasanya nanti ada peminat lagi setelah Lebaran, karena biasanya banyak lowongan kerja,” katanya kepada MURIANEWS, Senin (3/5/2021).

Kendati pencari kartu AK1 mengalami penurunan selama Ramadan, Evita mengatakan saat ini waktu pelayanan tetap normal. Bagi warga Kudus yang hendak membuat kartu AK1 tetap bisa datang ke Disnaker Perinkop dan UKM Kudus.

Pelayanan dibuka setiap Senin hingga Kamis pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB. Lalu, Jumat pukul 08.00 sampai 11.00. Sedangkan Sabtu dan Minggu libur.

Persyaratan bagi warga Kudus yang hendak membuat kartu AK1 agar menyiapkan berkas. Meliputi satu lembar fotocopy ijazah terakhir, transkrip nilai untuk lulusan Diploma atau S1. Satu lembar fotocopy KTP, dan dua lembar pas foto ukuran 2X3 atau 3X4.

“Saat ini pelayanan tetap sama. Tidak ada perubahan saat Ramadan. Untuk peminat pembuat kartu AK1 rata-rata fresh graduate,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...